Aceh Tamiang Juara I Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru

halaman7.com – Aceh Tamiang: Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, berhasil meraih Juara Pertama Klaster Kabupaten pada Sektor Pasar Modern dalam Ajang Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru, Produktif dan Aman Covid-19.

Pengumuman dan penyerahan penghargaan dilakukan, Senin 22 Juni 2020 di Gedung Sasana Bhakti Praja Lt.3 Kementerian Dalam Negeri Jakarta Pusat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan, berbagai ahli kesehatan baik nasional maupun internasional menyampakan bahwa pandemi Covid-19 ini tidak berakhir dengan segera.

Karena itu, dunia beradaptasi dengan pandemi ini dengan melakukan inovasi baru dengan tatanan baru atau new normal life, karena tidak mungkin melakukan pembatasan terus-menerus secara ketat apalagi lockdown, demikian pula dengan Indonesia.

Upaya adaptasi ini disampaikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, dengan istilah tatanan kehidupan baru yang produktif, aman Covid-19.

Sebagai sesuatu yang baru, tatanan ini memerlukan pengenalan atau pra kondisi agar seluruh masyarakat siap dan mampu beradaptasi. Prakondisi ini dilakukan dengan protokol kesehatan dalam berbagai sektor kesehatan dengan simulasi-simulasi.

“Adapun Peran Pemda menjadi sangat penting, karena 548 Pemda tingkat I provinsi, dan tingat II kabupaten/kota bersentuhan langsung dengan masyarakat masing-masing,” ujar Mendagri.

Karena itu, Kemendagri bersama dengan Kemenkeu, Kemenkes, Gugus Tugas Covid-19, KemenPAN-RB, Kemenparekraf, Kemendag, dan BNPP berinisiatif membuat lomba antar daerah untuk membuat protokol kesehatan Covid-19 dengan simulasinya di 7 sektor kehidupan yaitu pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi umum, tempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Video Inovasi Kategori Sektor Pasar Modern dengan Judul “Layanan UMKM Wakde Binaan TP-PKK, Solusi Tepat di Rumah Aja Agar Terhindar Dari Penyebaran Covid-19” meraih Juara Pertama.

Baca Juga  2 th halaman7.com, ‘Saatnya Lepas Landas’

Lomba ini diikuti oleh 34 Provinsi, 354 Kabupaten, 98 Kota, dan 62 Kabupaten Tertinggal dengan Total Video yang masuk sebanyak  2.517 ke Panitia.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Abdullah bersama daerah lain berfoto bersama usai menerima penghargaan. FOTO h7 – istimewa –

Aceh Tamiang satu-satunya Kabupaten yang ada di Provinsi Aceh yang meraih juara 1 dari 22 Kabupaten/Kota yang mengikuti lomba ini. Hal ini merupakan suatu kebanggan bagi Kabupaten Aceh Tamiang, karena selain mendapat Piagam Penghargaan, serta Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp3 Miliar.

Dalam menerima Penganugerahan tersebut di Jakarta, Bupati Aceh Tamiang Mursil diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Abdullah. Saat menonton bersama acara tersebut secara live streaming diruang kerja Bupati, tampak Bupati Mursil merasa bangga saat melihat Abdullah menaiki pentas dan menerima penghargaan dalam ajang tersebut.

“Alhamdulilah, setelah kita masuk nominasi, hari ini ternyata kita meraih Juara 1, Ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan dan dalam ajang ini Kabupaten Aceh Tamiang akan lebih dikenal lagi”, ujar Mursil sembari menyaksikan acara tersebut.

Dalam pada acara itu, Penganugerahan lomba dibuka langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan dihadiri jajaran Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati/Walikota yang mendapatkan Juara Satu dalam Penghargaan ini serta seluruh Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia yang terhubung secara virtual.[Antoedy]

Facebook Comments Box

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *