Aceh, News  

Setengah Abad Hari Jadi Basarnas Diperingati

di Banda Aceh

halaman7.com Banda Aceh: Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banda Aceh, memperingati HUT ke-50 Basarnas, pada Selasa, 1 Maret 2022.

HUT Basarnas yang selayaknya diperingati setiap 28 Februari ini, dipimpin langsung Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono di lapangan kantor Basarnas.

Dalam sambutan tertulis Kabadan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, yang dibacakan Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono menyebutkan perjalanan setengah abad Basarnas dari masa ke masa telah melalui berbagai dinamika.

Rintangan dan tantangan mampu dihadapi sehingga memperkokoh Basarnas sebagai lembaga Pemerintah dan terpercaya melaksanakan berbagai tugas pemerintahan dibidang pencarian dan pertolongan (SAR).

Disamping itu Basarnas bekerja sesuai dengan UU No.29 TH 2014 tentang pencarian dan pertolongan.

Tugas utama Basarnas adalah menyelenggarakan operasi pencarian dan penyelamatan pertolongan, dan evakuasi pada kecelakaan, bencana, dan kondisi yang membahayakan manusia di seluruh wilayah Indonesia.

“Sebuah tugas yang penuh tantangan keseriusan dan tanggung jawab yang besar,” ujar Budiono.

Dikatakan, adapun jejak keberhasilan dalam penyelenggaraan operasi SAR selama ini telah menghadirkan kepercayaan yang besar baik dari masyarakat. Tidak hanya dalam negeri tetapi juga dari luar negeri.

Basarnas Banda Aceh khususnya telah menyelenggarakan operasi SAR sepanjang 2021 sebanyak 90 operasi SAR. Diantaranya 25 kejadian kecelakaan pelayaran, 61 kondisi membahayakan manusia, 4 kejadian kecelakaan penanganan khusus.

Untuk pelaksanaan di Kantor Basarnas Banda Aceh, dirangkum sejumlah kegiatan lain diantaranya, penyerahan SK PNS 100% bagi pegawai penerimaan tahun seleksi 2021. Penyerahan piagam penghargaan kepada satgas (satuan petugas) SAR secara simbolis.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *