Aceh, News  

Kick of Meeting Sanitasi di Kota Sabang

halaman7.com – Sabang: Guna menyamakan persepsi serta penetapan skenario terhadap pelaksanaan pembangunan sanitasi di Kota Sabang 2022, Pemerintah Kota (Pemko) Sabang melalui Bappeda Kota Sabang menggelar Kick Of Meeting (KOM).

KOM yang digelar di aula Bappeda Sabang, Selasa 19 April 2022 di buka Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs Zakaria MM. Sekda mengatakan Pemko Sabang terus berupaya meningkatkan akses air bersih dan sanitasi di Kota Sabang.

Sampai dengan tahun ini, di targetkan nol persen buang air besar sembarangan. 87% untuk penanganan persampahan serta 3% untuk pengurangan persampahan. Sedangkan capaian akses sanitasi jamban layak di Sabang sampai Maret 2022 adalah 99,20% dengan jumlah gampong ODF sebanyak 15 gampong.

Sekdako Sabang berharap dengan bersinergi dengan stakeholder terkait dan bantuan dari berbagai pihak seperti BPPW Aceh, UNICEF serta Yayasan Aceh Hijau, akses air bersih dan sanitasi di Kota Sabang dapat terus meningkat.

Plt Kepala Bappeda Kota Sabang, M Iqbal Sofyan SSTP menjelaskan sanitasi merupakan salah satu rencana dasar yang masih perlu menjadi perhatian dan prioritas pembangunan terutama di tingkat Kota Sabang.

Dalam hal ini, pemerintah terus berupaya menciptakan suatu lingkungan yang bersih, sehat dan jauh dari limbah, baik limbah cair maupun limbah padat.

“Penerapan pelayanan sanitasi ini adalah kebutuhan paling mendasar yang harus dipenuhi sehingga akan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Sabang secara umum” tambahnya.[ril | M Munthe]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *