3.500 Bibit Mangrove Ditanam di Langsa

Penanaman Mangrove di Kuala Langsa.{FOTO: h7 - ist]

halaman7.com – Langsa: Sebanyak 3.500 bibit mangrove ditanam di Kota Langsa. Kegiatan itu dilakukan Polres Langsa dan jajaran Forkopimda di hutan Mangrove Kuala Langsa, Selasa 23 Agustus 2022.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Ahmad Haydar dalam amanat tertulis yang dibacakan Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro, menyatakan, penanaman serentak 77 ribu pohon se Aceh dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Untuk Kota Langsa, kita menanam sebanyak 3.500 pohon,” ujar Kapolres.

Lanjut Kapolres, mangrove yang ditanam ini memiliki peran ekologis yang besar bagi kehidupan manusia. Telah berabad-abad lamanya dijadikan tumpuan jutaan orang yang hidup, baik di pesisir maupun di pegunungan.

“Tumbuhan ini sangat penting bagi manusia dan lingkungan. Memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan. Menjadi sumber daya yang penting bagi makhluk hidup,” sebutnya.

Selain itu, tumbuhan mangrove dapat mencegah terjadinya abrasi laut. Menghindari terjadinya perembesan air laut ke dalam lapisan tanah, yang bisa mengakibatkan terjadinya percampuran air laut dengan air tanah.

Hutan mangrove juga merupakan habitat penting bagi ikan, udang, kepiting, burung air, dan mamalia laut lainnya.

“Mangrove tercatat sebagai ekosistem terproduktif dari ekosistem daratan di dunia. Di mana mangrove merupakan awal dari rantai makanan di pesisir pantai,” ujarnya.[Antoedy]

Facebook Comments Box
Baca Juga  Hadapi Pemilu, Polres Langsa Cek Senpi Personel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *