Pengorbanan Babinsa Tinjau Warga Terisolir Terdampak Banjir

Babinsa Koramil Birem Bayeun, saat berjuang menuju gampong terisolirterdampak banjir di Aceh Timur.[FOTO: h7 - ist]

halaman7.com Aceh Timur: Babinsa Koramil Birem Bayeun, Kodim Aceh Timur, Sertu Eko Purwanto bersama perangkat desa butuh perjuangan dan pengorbanan meninjau keadaan warga di dusun yang terisolir, akibat banjir.

Dusun Alue Kinyaran, Gampong Buket Seuleumak, Kecamatan Birem Bayeu, Aceh Timur. Diketahui jadi terisolir akibat banjir yang melanda daerah tersebut.

Namun, dengan kondisi dan medan yang sulit, tak menyurutkan semangat Babinsa, Sertu Eko Purwanto bersama perangkat Desa Buket Seuleumak.

Mereka, Senin 7 Nopember 2022, meninjau secara langsung situasi dan kondisi keadaan warga yang terisolir. Dimana dalam kurun sepekan ini dengan cuaca iklim yang ekstrim lewat curah hujan yang berintensitas tinggi dan banyak mengakibatkan banjir.

Namun untuk kali ini warga di dusun tersebut tidak mengalami kebanjiran di karenakan letak geografis dusun yang tinggi hanya saja aktifitas warga untuk menuju antar dusun atau pusat desa terputus karena ada dua titik jalan yang tergenang air hingga kedalaman 5 meter.

Keadaan dusun yang miris dan termasuk daerah terisolir ini dalam kondisi jalan yang masih diperkeras membutuhkan waktu dan perjalananan cukup lama. Ditambah lagi saat ini dengan kondisi jalan yg berlumpur dan genangan air sehingga hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki dan rakit ataupun sampan buatan.

“Genangan air yang dilalaui sejauh 200 meter di tiap titiknya. Sedangkan lama perjalanan dari pusat desa menghabiskan waktu setengah hari,” sebut Babinsa Eko.

Dikatakan, ada di satu titik yang harus menyebrang di ke dalam 5 meter dan sejauh 200 meter. Namun, demi mengetahui kondisi dan keadaan warga dalam sepekan ini. Maka perjuangan berat ini pun harus dilalui.

Baca Juga  Puskesmas Ikut Sediakan Layanan Periksa Covid-19

Sesampainya di lokasi rombongan Babinsa Eko Purwanto di sambut Kepala Dusun dan warga. Dengan rasa sedih serta bercampur senang atas upaya kedatangan Babinsa dan perangkat desa mereka.

Warga  tahu, dusun mereka sangat jauh dari pusat desa. Apalagi saat ini keadaan jalan yang terputus dengan genangan air yang cukup tinggi.

“Alhamdulillahnya kondisi warga dalam keadaan baik baik saja,” pungkas Babinsa Eko.[Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *