Nyak Sandang, Penyumpang Emas untuk Beli Pesawat Pertama RI Dapat Penghargaan

Anggota DPD RI asal Aceh menyerahkan piagam penghargaan pada Nyak Sandang.[FOTO: h7 - dok Tarmizi Age]

halaman7.com – Aceh Jaya: Penyumbang emas untuk membeli pesawat pertama RI, Nyak Sandang asal Aceh Jaya, mendapat penghargaan dari anggota DPD RI asal Aceh H Abdullah Puteh, Jumat 14 April 2023.

“Penyerahan piaga itu dilakukan di Pendopo Bupati Aceh Jaya dan disaksikan Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin,” ujar Tarmizi Age, staf pribadi Abdullah Puteh.

Saat menyerahkan tersebvut, Abdullah Puteh begitu tampak terharu.

Abdullah Puteh mengatakan pemberian piagam penghargaan ini bertepatan dengan hari ulang tahun Aceh Jaya yang ke 21. Sebagai bukti sekaligus kepedulian generasi baru Indonesia kepada pendahulunya yang memperjuangkan kemerdekaan NKRI sejak awal.

Ditengah kesulitan Indonesia yang baru merdeka, menurut Nyak Sandang Presiden RI, Ir Soekarno datang ke Aceh dan berbicara kepada rakyat Aceh yang pada saat itu dibawah pimpinan Tgk Muhammad Daud Beureueeh. Agar rakyat Aceh dapat membeli dan menyumbangkan sebuah pesawat kepada pemerintah. Untuk dipergunakan melintasi manca Negara.

Presiden Soekarno, meminta dukungan terhadap keberadaan RI yang sudah merdeka. Tetapi masih tetap terus di ganggu oleh negara penjajah Belanda/NICA.

Atas permintaan tersebut, rakyat Aceh tak terkecuali masyarakat Keresidenan Calang, bergotong royong, termasuk ibu-ibu menyumbangkan perhiasan emas yang dipakainya. Untuk di berikan kepada Soekarno untuk dibelikan pesawat Seulawah RI 001 dan RI 002.

Pj Bupati Nurdin pada peringatan 21 tahun Aceh Jaya juga menyatakan, dalam rangka menjaga kesehatan Nyak Sandang yang saat ini sudah berumur 96 tahun. Telah membentuk satu tim khusus yang terdiri dari dokter ahli, para perawat dan  semua jenis obat-obatan terkait.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *