Gerakan Pangan Murah di Sabang Diserbu Warga

Gerakan pangan murah di Sabang.[FOTO: h7 - dok humas]

halaman7.com – Sabang: Gerakan pangan murah yang di gelar di Sabang mendapat antusias tinggi dari masyarakat. Warga setempat menyerbut pangan murah ini, untuk mendapatkan kebutuhan pokok, terutama jelang lebaran Idul Adha 1444 H.

Ini digelar sebagai upaya menjaga stabilitasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi di Aceh. Karenanya, Dinas Pangan Aceh bersama Perum Bulog Kanwil Aceh. Bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang menggelar Gerakan Pangan Murah di Kota Sabang.

Kegiatan ini menindaklanjuti arahan pemerintah pusat yang dilaksanakan serentak di 333 kabupaten/kota se-Indonesia. Sementara di Sabang, kegiatan ini diselenggarakan di pusat Kota Sabang, Jalan Diponegoro, Taman Burung, Gampong Kuta Ateuh Kecamatan Sukakarya Sabang, Senin 26 Juni 2023.

Pj WaliKota Sabang melalui Sekretaris Daerah Kota Sabang, Andri Nourman mengatakan, Pemko Sabang sangat berterimakasih kepada Dinas Pangan Aceh. Telah memilih Kota Sabang sebagai salah satu dari tiga lokasi pelaksanaan pangan murah di Aceh.

Lanjutnya, selain mendapatkan harga bahan kebutuhan pokok yang murah. Gerakan pangan murah ini diharapkan dapat menstabilkan harga bahan pokok di Kota Sabang. Sehingga akan meningkatkan kembali daya beli masyarakat.

“Ini sangat berarti bagi masyarakat khususnya yang kurang mampu. Mudah-mudahan juga memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Sabang,” harap Andri.

Plt Kepala Dinas Pangan Aceh, Surya Rayendra menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan. Serta pengendalian inflasi secara nasional maupun daerah, menjelang hari besar keagamaan nasional Idul Adha 1444 H.

“Alhamdulillah inflasi kita, Aceh, akhir Mei kemarin, di awal Juni itu di angka 3,34. Ini sangat bagus, dari posisi awal di September sekitar 7 persen. Gerakan-gerakan pangan murah ini, kemudian operasi pasar dan sebagainya. Alhamdulillah bisa menekan angka inflasi ke angka 3,34. Kita harapkan ke depan akan terus stabil,” ujarnya.

Baca Juga  Sabang Kembali ke Zona Orange

Diharap, kegiatan yang rutin digelar pihaknya setiap tahun ini. Bisa dimanfaatkan masyarakat Sabang merupakan wilayah kepulauan. Agar mendapatkan bahan pangan yang berkualitas dan murah.

Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional ini menyediakan 510 paket sembako. Terdiri dari beras 2.565 kg, gula 1.020 kg, minyak goreng 1.020 liter, dan telur ayam 510 lempeng.

Masing-masing komoditi di jual dengan harga terjangkau. Seperti beras per 5 kg Rp54.000, telur per lempeng Rp46.000, minyak goreng bermerki per 2 liter Rp36.000, dan gula per 2 kg Rp 22.000.[M Munthe]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *