Harlah Pancasila di Aceh Tamiang dan Polda

halaman7.com Aceh Tamiang: Sejumlah daerah kabupaten/kota dan instansi di Aceh memperingati Hari Lahirnya (Harlah) Pancasila.

Seperti di Aceh Tamiang, Pj Bupati Dr Drs Meurah Budiman SH MH memimpin upacara peringatan Harlah Pancasila, Kamis 1 Juni 2023 di halaman Kantor Setdakab.

Pj bupati membacakan amanat Presiden Indonesia. Diantaranya mengatakan peringatan Hari Pancasila ini merupakan sebuah pengingat untuk terus mengamalkan nilai ideologi Pancasila. Mengenang jasa para pendahulu, serta mensyukuri prestasi bangsa Indonesia berkat bimbingan Pancasila.

Dikatakan, krisis yang melanda dunia. Termasuk krisis kesehatan, pangan, energi dan keuangan. Indonesia termasuk satu dari sangat sedikit negara yang berhasil menanganinya.

Kondisi ekonomi, sosial dan politik stabil terjaga dan bahkan semakin kokoh. Inflasi terkendali, investasi tumbuh dan peluang kerja bertambah.

“Semua ini adalah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa dan hasil sumbangsih seluruh anak bangsa”, ucap Meurah.

Polda Aceh
Di Mapolda Aceh, Kapolda, Irjen Ahmad Haydar dan Wakapolda, Brigjen Syamsul Bahri beserta pejabata utama (PJU) mengikuti upacara Harlah Pancasila secara virtual. Secara langsung, upacara tersebut dilaksanakan di lapangan Monas, Jakarta.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Joko Krisdiyanto menyampaikan, Pancasila merupakan Dasar Negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia. Nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan Soekarno pada 1 Juni 1945.

Setelah melalui proses diskusi yang mendalam, ungkap Kombes Joko, para founding fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai Dasar Negara yang sah. Serta dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *