7 Pebulutangkis Berpenghasilan Terkaya 2023

Jojo memperlihatkan tropi dan mendali setelah menjuarai Hong Kong Open 2023.[FOTO: h7 - dok ss]

Catatan: Iranda Novandi

MENJADI atlet professional di saat sekarang ini memang sangat menjanjikan. Dapat dipastikan menjadi jaminan masa depan dan hari tua atlet tersebut. Terlebih olahraga tertentu yang penghasilannya bisa mencapai miliaran rupiah. Atlet bulutangkis, misalnya.

Para atlet bulutangkis Indonesia saat ini, pertahunnya penghasilan mereka dari tepok bulu bisa mencapai ratusan juta dan miliaran. Hal ini tentunya, konsistennya badan bulutangkis dunia yang menyelenggarakan turnamen sepanjang tahun.

Puluhan turnamen bulutangkis yang diselenggarakan federasi bulutangkis dunia atau BWF, mulai dari level super 100, 300, 500, 750 dan 1.000. Dari berbagai turnamen ini, pretasi atlet Indonesia lumayan bagus dengan penghasilan besar, meski para pebulutangkis tidak mesti juara.

Cukup asuk dan bermain mulai dari babak 32 besar juga sudah diberi hadian besar. Bagaimana lagi bila bisa juara di turnamen tersebut.

Berikut halaman7.com, menghimpun dari berbagai sumber, 7 pebulutangkis Indonesia berpenghasilan terbesar alias terkaya hingga menjadi miliarder sepanjang 2023.

Nomor 1, Jonatan Christie. Penghasilannya sepanjang 2023 sebesar Rp4,039 miliar. Pada tahun ini, Jonatan Christie atau akrab disapa Jojo ini, menjadi atlet Indonesia yang paling bersinar dan berprestasi.

Tunggal putra Indonesia, Jojo mampu meraih tiga gelar level super 500 dan 750 BWF dan menembus semifinal BWF Word Tour Finals 2023 di China.

Nomor 2, Anthony Sinisuka Ginting. Pebulutangkis tunggal putra Indonesia ini, penghasilanya masih jauh, setengah di bawah Jojo, yakni Rp2,829 miliar. Sepanjang 2023, prestasi yang diperlihatkan Ginting, jauh dari capaian tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, Ginting hanya mampu meraih gelar juara di Singaore Open super 750. Selebihnya, disejumlah turnamen lainnya Ginting hanya bisa bertahan hingga babak 32, 16, quarterfinal dan semifinal saja. Begitupun, hasilnya Ginting bisa bawa pulang hadiah kurang sedikit dari Rp3 miliar.

Baca Juga  Lawan Indonesia di 16 Besar Malaysia Open 2024

Nomor 3 dan 4, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Masing-masing dari ganda putra Indonesia ini berpenghasilan Rp2,447 miliar. Pundi-pundi rupiah dikumpulkan kedua dari hasil koleksi juara ganda putra di dua turnamen super 1.000.

Salah satu turnamen super 1.000 yang berhasil diraih yakni, turnamen bulutangkis tertua di dunia, All England. Selain itu, pada awal tahun ini, ganda putra yang dijuluki Fajri ini, meraih super 1.000 Malaysia Open.

Kira-kira, mampukan Fajri mempertahankan gelar juara Malaysia Open 2024, yang akan diselenggarakan mulai 9 Januari 2024 mendatang?

Gregoria Mariska Tunjung

Nomor 5, Gregoria Mariska Tunjung. Pada tahun ini, pebulutangkis cantik tunggal putri Indonesia yang akrab disapa Jorji ini mampu mengumpulkan hadiah sebesar Rp,2,196 miliar.

Hasil itu diraih Jorji setelah berhasil menjuari dua turnamen BWF super 300 dan 500. Terakhir, Jorji mengumpulkan hadiah besar dari juara Kumamoto Masters di Jepang, super 500.

Nomor 6 dan 7, Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti. Ganda putri Indonesia ini mengumpulkan pundi rupiah untuk masing-masing sebesar, Rp1,169 miliar.

Meskipun bisa dikatakan, keduanya baru dipasangkan, namun sudah menunjukan hasil yang baik. Setidaknya mampu menjuarai Hong Kong Open super 500. Selebihnya bertahan di babak 16 besar, quarterfinal dan semifinal.

Selain ke 7 pebulutangkis ini, masih ada dua lagi atlet bulutangkis Indonesia yang penghasilnnya mencapai miliran rupiah. Mereka adalah ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Keduanya masing-masing berhasil mengumpulkan Rp1,140 miliar.

Dibawah pasangan ganda putra muda Indonesia ini, ganda putra lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Martin juga berhasil mengumpulkan jumlah uang yang cukup besar, mencapai Rp900 Juta.[]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *