KIP Langsa Gelar Simulasi Pungut & Hitung Suara

halaman7.com – Langsa: Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa gelar simulasi pemungutan dan perhitungan perolehan suara untuk Pemilu 2024 di SMP Negeri 7 Langsa, Kota Langsa, Minggu 24 Desember 2023.

Simulasi ini turut dihadiri Wakil Ketua KIP Aceh, Agusni AH, Pj Walikota Langsa, diwakili staf ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik, Siti Zuriah SH.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KIP Kota Langsa, Muhammad Al Fadal MSi mengatakan simulasi ini sebagai persiapan dalam menghadapi Pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

Selain itu, simulasi pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap di TPS pada Pemilu 2024 di Kota Langsa, dilakukan untuk mengambil keputusan bila terjadi masalah di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Semoga dengan Simulasi ini, pada hari H nanti, semoga kita dapat mengambil keputusan dan mampu menyelesaikan bila terjadi masalah di TPS,” ucap M Al Fadal.

Ditambahkan M Al Fadhal, sebelum berlangsungnya Pemilu, penyelenggara Pemilu harus paham terlebih dahulu tentang mekanisme dan aturan tentang pungut hitung yang diatur didalam peraturan KPU Nomor 25 tahun 2023.

“Jadi, dalam Simulasi tersebut kita ciptakan permasalahan agar dapat menyelesaikan di lapangan nantinya. Agar tidak terjadi keributan pada saat hari pungutan suara,” terangnya.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *