Surat Suara Pemilu 2024 Mulai Disortir & Dilipat

Pj Walikota Langsa memeriksa salah satu surat suara saat pelipatan di KIP setempat.[FOTO: h7 – dok humas Pemko]

halaman7.com – Langsa: Surat Suara untuk Pemilu 2024, mulai dilipat oleh Komisi Pemilihan Indenpenden (KIP) di kabupaten/kota di Aceh. Termasuk di Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur.

Guna memastikan kelancaran pelipatan surat suara tersebut, Pj Walikota Langsa, Syaridin dan Pj Bupati Aceh Timur, Ir Mahyuddin meninjau proses tersebut di kantor KIP masing-masing daerah.

Di Langsa

Pj Walikota Langsa, selain meninjau proses pelipatan surat suara pemilu 2024 di Kantor KIP, juga mengecek gudang penyimpanan surat suara Pemilu tersebut.

Pj Walikota berpesan pada petugas, untuk jangan coba-coba mencoblos, atau memberi tanda pada yang disenangi atau yang tidak disenangi.

“Apabila ini didapatkan, maka akibatnya akan fatal,” tegas Pj Walikota

Syaridin juga mengucapkan terima kasih, sudah membantu Pemerintah Kota Langsa untuk mempersiapkan pelaksanaan Pemilu yang tinggal satu bulan lagi. Mudah-mudahan dapat menyelesaikan lipat surat suara ini sampai dengan selesai.

Dalam peninjauan ini Pj Walikota didampingi Asisten Pemerintahan, Suriyatno; Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Muzammil;  Kaban Kesbangpol, Zulhadisyah; Sekretaris KIP, M Dahlan, Ketua KIP, Ridwan dan anggota KIP, serta Ketua Panwaslih, Taufiqurahman.

Di Aceh Timur 

Pj Bupati Aceh Timur, didampingi Wakapolres memantau pelipatan surat suara dan sortir (Solip) di KIP Aceh Timur.[FOTO: h7 – dok humas Pemkab]
Di Aceh Timur, Pj Bupati, Mahyuddin didampingi Wakapolres Aceh Timur, Kompol Muhammad Aidil, juga melakukan pemantauan pelipatan surat suara sekaligus Sorlip (sortir dan pelipatan)   di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur.

“Hari ini kita turun bersama Wakapolres Aceh Timur, Dandim atau yang mewakili, guna memastikan proses pelipatan surat suara berjalan aman tanpa ada kendala,” ujarnya.

Diharapkan proses pelipatan surat suara ini tetap harus berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

“Kami juga berterima kasih kepada TNI–Polri, dan Panwaslu yang terus mengawal jalannya proses pelipatan surat suara ini,” ungkap Mahyuddin.

Baca Juga  Kapolres Sabang Cek Gudang Logistik Pemilu 2024

Terjunkan Personel

Wakapolres menyebutkan, untuk memastikan keamanan sortir dan pelipatan surat suara ini, sejumlah personel Polres Aceh Timur dan Polsek Peureulak diterjunkan untuk memperketat keamanan di sekitar lokasi pelipatan.

“Kami juga berharap seluruh rangkaian ini dapat berjalan dengan lancar sehingga pada saat hari pencoblosan. Semuanya dapat terlaksana dengan aman dan sukses,” sebut Kompol Aidil.

Selain melakukan pemantauan pelipatan suarat suara, Pj Bupati bersama Wakapolres Aceh Timur juga melakukan pengecekan kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu mendatang di gudang logistik Pemilu 2024 KIP Kabupaten Aceh Timur.

Ketua KIP Aceh Timur, Yusri mengatakan Sorlip sendiri dimulai sejak 8 Januari sampai 18 Januari 2024 mendatang. Perkiraan waktu untuk menyortir dan lipat kertas suara tersebut sekitar 10 hari, namun pihaknya berusaha secepat mungkin.

“Untuk Sorlip ini kita kerahkan tenaga kerja sebanyak 200 orang,” jelasnya.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *