KIP Langsa Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada

KIP Langsa sosialisasi tahapan Pilkada.[FOTO: h7 - dok kip langsa]

halaman7.com – Langsa: Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa melaksanakan sosialisasi tahapan dan jadwal pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Langsa 2024, Rabu 15 Mei 2024 di salah satu cafe kota ini.

Sosialiasi dihadiri Ketua dan anggota KIP Kota Langsa, Kapolres Langsa yang diwakili Kabag Ops, Pj Walikota Langsa diwakili Assisten I Pemerintahan, Dandim Aceh Timur diwakili Kasie Intel, Perwakilan Pengadilan Negeri dan Kejari Langsa, unsur OPD, Sekretaris dan anggota sekretariat KIP Kota Langsa, Pimpinan Partai Politik dan tamu undangan lainnya.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KIP Langsa, Muhammad Al Fadhal MSi menyampaikan, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Langsa telah berlangsung pada 26 Januari 2024 yang dimulai dengan persiapan, meliputi, perencanaan Program dan Anggaran; Penyusunan Peraturan Penyelenggaraan Pemilihan.

Lalu, Perencanaan Penyelenggaraan meliputi Penetapan Tatacara dan Jadwal Tahapan Pelaksanaan Pemilihan; Pelaksanaan Pembentukan dan Masa Kerja PPK, PPS, PPDP, dan KPPS; Pemberitahuan dan Pendaftaran Pemantau Pemilihan; Penyerahan Daftar Penduduk Pemilih dan terakhir, Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih,

Al Fadhal menambahkan, berikutnya adalah Tahapan Penyelengaraan Pemilihan yang dimulai sejak 5 Mei 2024, meliputi: Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan; Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon; Pendaftaran Pasangan Calon.

Kemudian, Penelitian Persyaratan Calon; Uji Mampu Baca Al-Qur’an; Penetapan Pasangan Calon; Pelaksanaan Kampanye; Masa Tenang; Pelaksanaan Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara.

“Tahapan penyelengaraan pemilihan akan berakhir pada 16 Desember 2024,” terangnya.

Kemudian masuk ke penetapan calon terpilih, penyelesaian pelanggaran dan sengketa hasil pemilihan dan pengusulan pengesahan pengangkatan calon terpilih.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *