Tim Arung Jeram PON Aceh Raih Perak di Malaysia

Tim Arung Jeram Aceh yang meraih perak.[FOTO: h7 - dok FAJI]

halaman7.com – Malaysia: Tim Pelatda KONI Aceh untuk PON Cabor Arung Jeram yang berasal dari Aceh Tengah, berhasil membukukan memperbaiki penampilannya di hari kedua kejuaraan internasional, Rafting Federation (IRF) World Cup Series Kampar River Festival Perak Malaysia.

Setelah pada hari pertama, para atlet finish diurutan keempat pada kelas sprint dan urutan ketiga di kelas Head to Head (H2H). Pada hari kedua ini, di kelas Slalom atlet mengerahkan kemampuannya untuk finish diurutan kedua.

Posisi ini (medali perak) menjadi catatan membanggakan bagi anak-anak Badak Peusangan, julukan tim arung jeram Aceh.

Mengarungi sungai Kampar, Perak, Malaysia, tim Aceh berhasil mengalahkan tim kuat Jawa Timur yang harus puas turun ke posisi ketiga.

Setelah pada dua kelas sebelumnya, Sprint dan H2H, Jawa Tengah selalu berada di posisi kedua, setelah Jawa Barat yang kokoh diposisi pertama.

Di kelas Slalom, ini, setiap tim diberi kesempatan melakukan race 2 kali dengan melintasi beberapa gawang merah dan hijau. Jika gawang tersentuh maka terkena pinalti alias catatan waktu akan dikurangi.

Jawa Barat membukukan skor 350 pada kelas Slalom ini, dan berhasil mengamankan posisi pertama, tim Aceh berada di posisi kedua dengan skor 322 dan Jawa Tengah berada di posisi ketiga dengan skor 301.

“Sementara di posisi keempat, Nepal Rafting Team dari negara Nepal dengan skor 287,” ujar Ketua FAJI Aceh, Hasballah akrab disapa Cek Lah, Jumat 25 Mei 2024, malam.

Ditakan, kejuaraan ini merupakan kejuaraan internasional pertama yang diikuti Aceh diajang olahraga arung jeram.

“Alhamdulillah kita di hari kedua baru memperoleh 1 perak dan 1 perunggu, InsyaAllah besok atlet kita bisa meraih emas, di kelas Down River Race,” kata Cek Lah.

Baca Juga  Aksi Tunggal Aktivis Tambang di DPRK Aceh Tengah

Menurutnya, atlet Aceh sudah cukup bagus dalam bermain dan ini modal penting dalam menghadapi PON September 2024 mendatang, dimana Aceh sebagai tuan rumah.

“Semoga besok Allah mengabulkan doa dan usaha kita untuk meraih emas, Aamiin,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Atlet Arung Jeram Aceh yang diwakili oleh atlet-atlet binaan FAJI Aceh Tengah, mengikuti kejuaraan internasional, Rafting Federation (IRF) World Cup Series Kampar River Festival Perak Malaysia, 21-26 Mei 2024.

Kejuaraan internasional ini, turut diikuti tim-tim tuan rumah, Malaysia, Indonesia, Nepal dan Mongolia.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *