Stok Beras di Madat Aman Selama Ramadhan

halaman7.com Aceh Timur: Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19. Kersediaan beras di Gampong Matang Kupula Dua, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur masih optimal.

Stok beras yang ada di wilayah Kecamatan Madat masih memadai dan aman. Untuk kebutuhan lokal masyarakat setempat selama bulan suci Ramadhan. Bahkan ada yang disuplai ke kecamatan lainnya baik Kabupaten Aceh Timur maupun Kota Langsa.

Dengan ketersediaan beras yang mencukupi itu, tidak berpengaruh dengan harga. Harga beras sejauh ini masih relatif normal. Untuk harga beras perkilogram berkisar Rp10.600 hingga Rp10.800.

Kepastian stok beras ini juga dicek langsung, Serma M Agus, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Madat, Kodim Aceh Timur di Kilang Padi milik Usman di Gampong Matang Kupula Dua, Minggu  25 April 2021.

Dari pantauan Serma Agus, di kilang Usman ini, stok beras mencapai 4,5 ton selama musim panen.

283,5 Ribu Ton

Disisi lain, masyarakat sekitar umumnya menjual sebagian padi mereka untuk konsumsi dan mengganti biaya operasional saat proses tanam hingga panen. Sebagian lagi disimpan di rumah masing-masing sebagai stok.

“Semua hasil panen dari Gampong Matang Kupula Dua dalam sekali masa panen menghasilkan lebih kurang 283,5 ribu ton,” ujar Usman selaku pemilik kilang.

Usman juga mengungkapkan, padi di kilangnya yang didapat dari panen Gampong Matang Kupula Dua cukup bagus dan berkualitas.

“Kita berdoa semoga dalam tahun ini petani kita dapat melaksanakan 2 kali musim tanam. Agar stok padi tetap terjaga. Walau mungkin kendalanya sawah kita adalah sawah tadah hujan, tidak menjamin dapat terlaksananya musim tanam selanjutnya,” papar Usman.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *