Jelang TMMD di Langsa, Kodim Aceh Timur Gelar Rakornis

halaman7.com – Langsa: Persiapan pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112. Komando Distrik Militer (Kodim) Aceh Timur gelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis), Kamis 2 September 2021.

Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Barat, Langsa dipilih untuk pelaksanaan TMMD ke-112.  Rencanakan akan dimulai pada 15 September hingga 14 Oktober 2021 mendatang.

Rakornis dipimpin Komandan Kodim (Dandim) Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar. Dipandu Sekda Kota Langsa Ir Said Mahdum Majid.

Dalam Rakornis ini, Dandim Aceh Timur menyampaikan, ini merupakan aksi nyata Kodam Iskandar Muda. Dimana kegiatan ini di gelar secara serentak di 50 satuan Kodim (kabupaten/kota) di seluruh Indonesia.

Sedangkan di wilayah Kodam Iskandar Muda diwakili 3 Kodim jajaran. Yakni, Kodim Aceh Utara, Kodim Aceh Timur dan Kodim Subussalam.

TMMD merupakan program kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri dengan TNI Angkatan Darat. Untuk Aceh Timur, diwakili Kodim Aceh Timur dengan Pemerintah Kota Langsa. Dimana kegiatannya mengutamakan kegotong royongan. Karena itu pengerjaanya dilakukan TNI bersama dengan masyarakat.

“Kami berharap dan memohon dukungan dari OPD yang ada di Kota Langsa. Sehingga dengan penuh semangat kami mengerjakan pagelaran TMMD Reguler 112/ 2021 di Desa Simpang Lhee ini,” harapnya.

Disamping itu, sambung Dandim, pihaknya juga akan melibatkan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) dekat dengan lokasi TMMD untuk mengikuti kegiatan.

“Mungkin selama ini masyarakat daerah tersebut kurang tersentuh. Jadi saya berharap dengan diadakan TMMD ini dapat memberikan dampak yang positif dalam pembangunan daerah kita,” ujarnya.

Apresiasi

Sekda Kota Langsa Said Mahdum Majid, mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan TMMD.

Menurutnya kegiatan yang dilakukan bukan hanya pembangunan fisik. Tetapi yang paling penting pembangunan nonfisik dalam peningkatan mental dan pengetahuan masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan TMMD ini. Karena kegiatan yang dilakukan tidak hanya membangun fisik tetapi juga mental masyarakat. Ini suatu momen berharga yang harus kita ikuti,” katanya.

Terlebih, saat ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Untuk itu Sekda berharap kepada Dinas Kesehatan, BPBD dapat membantu upaya Kodim untuk memberikan sosialisasi PPKM kepada masyarakat.

“Agar Desa Simpang Lhee dapat menjadi contoh oleh desa-fesa lainnya di wilayah Kota Langsa,” harapnya.

Sasaran TMMD

Sebelumnya dalam kegiatan Rakornis tersebut, Pasiter Kodim, Kapten Kav Khairul Nizam memberikan paparan. Dimana kegiatan ini dalam rangka membantu masyarakat baik bersifat fisik dan non fisik.

Kegiatan TMMD di laksanakan di Gampong Simpang Lhee. Pra TMMD terlebih dahulu pada tanggal 13-14 September 2021. Pelaksanaan TMMD secara serentak dimulai pada 15 September.

Dalam pelaksanaannya, TMMD 112 ini akan menyasar pada pembangunan fasilitas di Dusun Balee. Yaitu pengerasan jalan penghubung dengan total panjang 1.690 meter.

Pembuatan 1 unit jembatan kayu dengan panjang 15×3 meter. Pembuatan satu lapangan bola voli dengan panjang 20 x 20 meter.

Lalu, pembangunan 1 Balai Pengajian Darul Kamil Al-Karim ukuran 13 x 9 meter. Pembuatan 9 unit plat beton, dan rumah tidak layak huni (RTLH) 5 unit.

Sedangkan sasaran non fisik diantaranya. Sosialisasi wawasan kebangsaan. Sosialisasi KB kesehatan, bahaya narkoba, donor darah. Ada juga sosialisasi pertanian dan perikanan.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *