Menteri Trenggono: Aceh Timur Bagian Target Nasional Budidaya Udang Vaname

halaman7.com – Aceh Timur: Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono meninjau klaster tambak udang vaname di Kecamatan Peureulak Barat dan Idi Timur, Selasa 7 September 2021.

Saat meninjau lokasi budidaya udang vaname di tambak Klaster Desa Alue Bu, Kecamatan Peureulak Barat, Sakti Wahyu sangat mengapresiasi klaster tambak yang ada di Aceh Timur. Menurutnya hasil yang dicapai di Kabupaten Aceh Timur sudah cukup bagus.

“Ini apa yang telah kita lakukan di 2020 hasilnya sudah cukup bagus. Kira-kira sekitar 30 ton perhektar, dari yang semula cuma setengah ton. Ini peningkatannya luar biasa,” sebut Menteri Trenggono.

Menteri Trenggono juga meninjau lokasi budidaya udang vaname klaster tambak Desa Matang Rayeuk, Kecamatan Idi Timur.

“Saya ke Aceh Timur untuk melihat potensi tambak udang. Karena kita ingin mencapai target 2 juta ton di 2024. Salah satunya yaitu Aceh mempunyai kontribusi besar dari segi lahan dan infrastruktur. Kalau kita lihat laut di sini yang tidak bisa kita dapatkan di Pulau Jawa. Laut di sini bersih sekali, ini betul-betul bisa kita maksimalkan,” ujar Trenggono.

Ia menambahkan, pihaknya akan mencoba membangun sekitar 500 hingga 1.000 hektar kalau bisa akan dibangun tambak klaster di wilayah ini.

“Karena sudah berkali-kali Sekjen ditelpon pak Bupati Aceh Timur. Kita akan bangun sedapat mungkin sedikitnya 500 hektar dapat dibangun. Kalau bisa seribu hektar maka akan jauh lebih bagus,” tambahnya.

Bila ini terealisasi, maka ekonomi di wilayah Aceh ini bisa berkembang. Masyarakatnya akan bisa lebih sejahtera.

“Target saya adalah bagaimana petambak udang ini nilai tukarnya atau indek kesejahteraannya meningkat di atas seratus empat puluh,” ujar menteri.

Saat disinggung langkah kedepannya. Menteri Trenggano mengatakan kedepan pihaknya sudah punya program. Untuk membangun kawasan yang modern yang di atasnya adalah para petambak.

“Selanjutnya akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, dan Pak Bupati sudah menyediakan lahannya. Di dalamnya ada masyarakat. Kalau tidak ada halangan Insya Allah Januari tahun depan sudah mulai. Mohon doa dari teman-teman semua,” harap Trenggono.

Dalam kunjungan kerjanya di Aceh Timur, Menteri Trenggono juga didampingi anggota Komisi IV DPR RI, TA Khalid dan anggota DPD RI, Abdullah Puteh.[ril |Edy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *