Hadiri MQK-II, Wakil Walikota Berharap Sabang Meraih Hasil Terbaik

halaman7.com – Banda Aceh: Wakil Walikota Sabang, Drs Suradji Junus menghadiri acara pembukaan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK- II), bertempat di Gedung Aula Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh, Rabu 13 Oktober 2021, malam.

Acara yang dibuka Asisten Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Pemerintah Aceh, M Jafar SH MHum ini memperlombakan beberapa cabang terkait membaca dan menela’ah kitab kuning.

MQK ini dilaksanakan dalam kurun waktu dua tahun sekali. Diikuti perwakilan kabupaten/kota di Aceh.

Wakil Walikota Sabang mengatakan dengan adanya perlombaan ini, dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas santri atau peserta. Khususnya peminat bahasa Arab sekaligus penyampai pesan ada keindahan yang luar biasa dalam bahasa Arab.

“Semangat bagi adik-adik peserta MQK yang mengikuti lomba. Jangan berhenti berdoa dan berusaha. Semoga dapat berkompetisi dengan baik dan meraih gelar juara. Tapi yang lebih penting, tidak hanya berkompetisi.Peserta juga harus bisa meningkatkan konteks, pemahaman dan kajian isi dari kitab kuning itu sendiri,” harap Wakil Walikota Sabang.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Sabang Drs Marwan menjelaskan MQK merupakan perlombaan atau kompetisi dalam membaca, menterjemahkan dan mensurahkan kitab kuning berbahasa arab.

Pada 2021 ini, Kota Sabang mengirimkan 18 orang peserta terdiri dari 8 orang peserta putri dan 10 orang peserta putra. Berasal dari santri yang sedang menuntut ilmu baik di pesantren/dayah yang ada di Kota Sabang maupun yang ada diluar Kota Sabang.

Menurutnya, persiapan MQK tahun ini lebih matang dari pada tahun sebelumnya. Dimana pihaknya sudah memilih peserta mulai dari tahun lalu melalui seleksi MQK tingkat Kota Sabang dan membuat training center untuk melatih para peserta.

“Sehingga diharapkan para peserta tahun ini akan lebih bagus dari pada tahun-tahun sebelumnya dan mudah-mudahan bisa meraih juara serta dapat membanggakan Kota Sabang,” harapnya.

Lebih Lanjut dikatakan, dari 18 orang tersebut yang mengikuti 10 cabang lomba MQK yakni untuk tingkat ula sebanyak 2 cabang (akhlak dan tauhid), tingkat wustha terdiri dari 4 cabang (fiqh, tarikh, tafsir dan hadist), dan tingkat ulya sebanyak 4 cabang (nahwu, ushul fiqh, ilmu tafsir dan balaghah).

“Disamping itu kafilah Kota Sabang mengirimkan 4 orang pendamping yang merupakan pelatih dan 4 orang official. Acara Qiraatil Kutub ini akan berlangsung mulai 12-17 Oktober 2021,” tambahnya.[ril | M Munthe]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *