Babinsa Kodim Aceh Timur Raih Prestasi Nasional

Dapat penghargaan Bangga Kencana

Babinsa Kodim Aceh Timur saat menerima penghargaan dari kepala BKKBN Pusat.[FOTO: h7 - dok pendim]

halaman7.com – Jakarta: Sertu Eko Purwanto, Babinsa dari Kodim Aceh Timur, menerima penghargaan bergengsi di tingkat nasional, atas dedikasi dan kontribusinya atas dukungan, komitmen, dan partisipasi aktifnya dalam Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta percepatan penurunan stunting di Indonesia dari 31 Babinsa di seluruh Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dr (HC) dr Hasto Wardoyo SpOG (K), bersama Waaster Panglima TNI, Brigadir Jenderal TNI, Terry Tresna Purnama, di Jakarta, Selasa 14 Mei 2024.

Saat menerima penghargaan, Sertu Eko Purwanto didampingi Asisten Teritorial Kodam IM, Kolonel Inf Budi Rahmawan; Komandan Distrik Militer (Dandim) Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto; Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Drs Sahidal Kastri.

Program Bangga Kencana bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui upaya kependudukan dan keluarga berencana. Selain itu, program ini juga fokus pada percepatan penurunan stunting di Indonesia, yang menjadi salah satu prioritas nasional.

Partisipasi aktif dan dedikasi Babinsa dalam mendukung program-program ini menunjukkan komitmen Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mendukung pemerintah di berbagai sektor. Termasuk kesehatan dan Kesejahteraan Sosial.

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo menyampaikan arahan Presiden RI, Joko Widodo, yang mengharapkan upaya percepatan penanganan stunting dapat segera dilakukan.

“Stunting harus cepat dipangkas, dan program intervensi penurunan stunting harus segera dilakukan secara konvergen, holistik, terintegrasi, dan tepat sasaran,” tegasnya.

Sedangkan arahan dari Wakil Presiden RI ,KH Ma’ruf Amin menyampaikan pada 2022, masih ada sekitar satu dari lima Balita di Indonesia yang mengalami stunting atau kekurangan gizi dalam jangka panjang.

“Untuk mencapai target 14% pada tahun ini, diperlukan upaya ekstra yang menuntut kerja keras, cerdas, dan kolaboratif dari semua pihak,” katanya.

Baca Juga  Aminullah Nyatakan Maju Cagub Aceh Pilkada 2024

Jadi Motivasi

Dandim Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih Sertu Eko Purwanto. Penghargaan ini adalah bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi Babinsa dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam program Bangga Kencana dan penurunan stunting.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi Babinsa lainnya untuk terus berprestasi dan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara,” ujar Letkol Tri Purwanto.

Aster Kodam IM, Kolonel Inf Budi Rahmawan menambahkan pentingnya sinergi antara TNI dan BKKBN dalam mencapai target program kependudukan dan keluarga berencana serta penurunan stunting di Indonesia.

“Kolaborasi ini diharapkan terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Sertu Eko Purwanto menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan yang diterimanya. Ini adalah hasil dari kerja keras dan dukungan dari semua pihak, terutama dari komando atas dan rekan-rekan Babinsa.

“Saya berharap penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi kita semua untuk terus berkontribusi dalam program-program pemerintah yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Penghargaan yang diterima Sertu Eko Purwanto ini tidak hanya mengakui kinerjanya yang luar biasa. Tetapi juga memperkuat komitmen TNI dalam mendukung program-program pemerintah demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.[ril | Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *