Banjir Rendam 13 Kecamatan di Aceh Timur

Ratusan Jiwa Mengungsi

halaman7.com Aceh Timur: Banjir yang melanda Aceh Timur, merendam 13 kecamatan di daerah tersebut. Ratusan jiwa warga terpaksa mengungsi akibat rumah mereka terendam banjir.

Dandim Aceh Timur, Letkol Agus Al Fauzi mengungkapkan hujan mengguyur tanpa henti sejak Kamis 24 Februari 2022 malam hingga Sabtu 26 Februari 2022. Diperkirakan tiga belas Kecamatan di Aceh Timur kembali terdampak banjir.

Ke tiga belas kecamatan yang direndam banjir yaitu, Kecamatan Julok, Indra Makmu, Nurussalam, Banda Alam, Peudawa. Lalu, Peureulak, Madad, Birem Bayeun, Sungai Raya, Darul Aman, Darul Ikhsan, dan Kecamatan Peureulak Barat.

“Rata-rata tinggi air 20 hingga 50 cm,” papar Dandim, Minggu 27 Februari 2022.

Kondisi terparah terdampak banjir di Kecamatan Indra Makmur. Ada ratusan warga dievakuasi aparat TNI-Polri setempat dan BPBD ke dataran tinggi. Tepatnya di Meunasah Dusun Mata U dan Dusun Akoja Desa Alue Ie Mirah.

Sementara itu sebagian lagi warga mengungsi ke rumah tetangga di dataran tinggi. Disebabkan rumah mereka di rendam banjir dengan ketinggian air sekitar 50 cm hingga satu meter sejak sore kemarin.

“Jumlah pengungsi saat ini sekitar 250 jiwa. Kondisi ini bisa jadi akan terus bertambah jika curah hujan masih tinggi,” jelas Dandim.

Sementara itu jumlah desa yang terendam di Kecamatan Indra Makmu sekitar delapan desa. Diantaranya Gampong Alue Ie Mirah, Jamboe Lubok, Julok Rayeuk Utara, Julok Rayeuk Selatan. Lalu, Blang Nisam, Pelita Sagub Jaya, Seneubok Cina dan Alue Itam.

INFO Terkait:

Perintah Dandim

Menyikapi kondisi ini, Dandim Aceh Timur memerintahkan seluruh Danramil dan jajarannya untuk mensiagakan personel. Membantu warga terdampak banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Timur.

Baca Juga  Harapan Dandim Aceh Timur pada Tahun Baru Islam

Dandim menerangkan, kesiapsiagaan membantu korban banjir merupakan bentuk Kemanunggalan TNI bersama Rakyat. Ini juga sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat yang sedang mengalami musibah.

“Selain perang, membantu korban bencana merupakan cerminan dari salah satu tugas pokok TNI. Membantu menanggulangi akibat bencana alam. Serta memberikan motivasi bagi warga agar sabar dan selalu waspada akan datang musibah yang terjadi. Ini menjadi tugas TNI,” katanya.[Antoedy]

Facebook Comments Box

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *