Masjid Ba’alawi Aceh, Hanya Ada 5 di Dunia

Masjid Ba'alawi Aceh Timur.[FOTO: h7 - Eddyanto]

Catatan: Eddyanto SST

SENIN 14 Oktober 2024 atau bertepatan 11 Rabiul Akhir 1446 H, penulis berkesempatan melaksanakan shalat Zuhur di Masjid Ba’alawi Aceh, Gampong Pucok Alue Dua, Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.

Masjid ini sangat bersejarah, didirikan ulama sepuh dari keturunan Rasulullah SAW, Habib Muhammad bin Achmad Al Athas. Kini,ulama ini telah pergi selamanya menghadap Sang Khalik.

Beliau (Habib), berpulang ke Rahmatullah sekitar pukul 00.00 WIB, Senin dinihari 18 Januari 2021, bertempat di Gampong Pucok Alue Dua, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur.

Kelahiran dan meninggalnya Habib Muhammad al-Attas Simpang Ulim terjadi pada hari yang sama. Habib Muhammad wafat setelah beberapa jam sebelumnya, Ahad 17 Januari 2021, baru saja meresmikan Masjid Ba’alawi kelima di dunia yang didirikannya di Aceh Timur. Masjid Ba’alawi sebelumnya berada di Tarim, Yaman dan Singapura).

Mihrab Masjid Ba’alawi Aceh Timur.[FOTO: h7 – Eddyanto]
Jenazah Habib Muhammad bin Achmad al-Athas dikebumikan di halaman Masjid Ba’alawi atau perkuburan keluarga Habib Muhammad.

Habib Muhammad bin Achmad al-Athas pernah mengutarakan Masjid Ba’alawi yang telah diresmikan itu dan merupakan Masjid Ba’alawi ke-5, merupakan cita-cita terakhirnya dan setelah itu Habib akan pergi.

Ternyata apa yang diucapkannya telah terwujud dan benar, tidak berselang sehari setelah meresmikan Masjid Ba’alawi yang didirikannya di Simpang Ulim, Aceh Timur.

“Masjid Ba’alawi adalah cita-cita terakhir saya, selepas itu saya pulang,” ucap Habib kala itu.

Kini Habib Muhammad al-Attas telah pergi untuk selamanya menghadap Sang Khaliq. Alhabib Muhammad bin Achmad Alatas juga pernah menetap di Mekkah Almukarramah selama 13 tahun lamanya.[]

Penulis, Kepala Biro halaman7.com di Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *