Lahan Jagung di Peurelak Terbakar

halaman7.com – Aceh Timur: Kawasan lahan jagung yang baru saja usai dipanen di Dusun Alur Canang, Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Kamis , 20 Februari 2020 sore terbakar.

Diduga api yang membakar lahan ini akan digarap kembali warga sekitar dengan cara membakarnya.Namun naas karena lahan tersebut yang juga dekat dengan hutan tergolong lahan gambut, membuat semakin mudah terbakar dan api terus membesar.

Akibat insiden Karhutla ini, warga sekitar dibantu Danramil 14/Ranto Peureulak Kodim 0104/Aceh Timur Kapten Czi Karsono beserta anggota bekerja keras untuk memadamkan api.

Dalam memadamkan api ini, mereka juga turut dibantu personel Polsek Rantau Peureulak. Dengan peralatan seadanya mereka kompak bekerja sama dilapangan untuk memadamkan sijago merah yang masih melahap lahan jagung yang telah dipanen tersebut.

“Lahan yang telah terbakar tersebut seluas lebih kurang 2 Hektar sehingga cukup sulit juga memadamkannya,” sebut Danramil meski akhirnya kebakaran lahan ini bisa di netralisr.

Akibat Karhutla ini , Danramil juga menghimbau kepada warga Gampong Seumanah Jaya dan Gampong lainnya agar tidak melakukan pembakaran lahan apabila mau menggarap lahannya kembali.

“Kalau tetap juga melakukan pembakaran lahan jika kedapatan akan diberikan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku kepada warga yang tidak mengindahkan himbauan tersebut, “tegas Danramil.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *