Kanker Serviks Masih Jadi Ancaman Kematian Tertinggi bagi Wanita

halaman7.com  Aceh Tamiang: Kanker serviks merupakan penyakit kanker dengan morbiditas tertinggi di Indonesia dan setiap tahun terus mengalami peningkatan kasus baru serta kematian.

Upaya paling efektif untuk menurunkan kasus kanker serviks, dapat dilakukan dengan deteksi dini pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Namun, kesadaran masyarakat, khususnya kelompok Wanita Usia Subur (WUS) untuk melakukan pemeriksaan IVA masih rendah.

Demikian jelas dr Endang saat memberikan penyuluhan kanker serviks yang digelar Persit Kartika Candra Kirana Kodim Aceh Tamiang dan Dinas Kesehatan setempat di Makodim, Selasa 15 September 2020.

Sebelumnya Dandim 0117/ Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita berharap kepada para anggota persit dapat menyimak dan betul-betul memperhatikan penjelasan dari dokter secara seksama.

Sehingga  dengan sosialisasi ini, ibu-ibu semua dapat merasakan. Mengetahui tentang kanker serviks ini dan bisa melakukan pemeriksaan secara dini. Sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil maksimal dalam menjaga kesehatan.

“Terima kasih kepada dr Endang yang dapat hadir dan memberikan sosialisasi kanker serviks. Serta pemeriksaan papsmear IVA kepada anggota Persit Kartika Candra Kirana Kodim Aceh Tamiang,” ujar Dandim.

Diharapkan menjadi pengetahuan bagi ibu-ibu. Disamping itu dapat mengetahui cara pencegahan atau melakukan deteksi dini kaitannya dengan kanker serviks.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *