Kuda Nil Tertua di Dunia Rayakan Ultah Layaknya Manusia

halaman7.com  Chonburi: Kuda nil tertua di dunia baru saja merayakan hari ulang tahun di Kebun Binatang Khao Kheow di timur Thailand. Perayaan Ulang Tahun (Ultah) Kuda Nil ini layaknya perayaan Ultah manusia.

Dalam kesempatan itu, pengelola kebun binatang memberi hadiah kue spesial. Kuda nil bernama Mae Mali yang dalam bahasa Thailand berarti ibu jasmine merayakan hari ultah ke-55 pada Selasa, 8 September 2020 waktu setempat.

Kuda nil ini mendapatkan hadiah kue ulang tahun yang terbuat dari tumpukan buah dan sayur-sayuran.

Mae Mali dipindahkan dari rumah lamanya di Kebun Binatang Bangkok pada 2018 lalu diperkirakan bisa mencapai usia 40-50 tahun.

“Mae Mali sekarang telah menjadi seorang nenek. Kami sangat memperhatikannya mulai dari kesehatan, makanan dan lingkungan,” kata direktur kebun binatang, Attaporn Srihayrun, dikutip dari todayonline.

Berusia 55 tahun, Mae Mali tercatat sebagai salah satu kuda nil tertua di dunia yang pernah hidup hingga melewati usia 50 tahun. Kuda nil betina itu sudah melahirkan 21 anak yang kini tinggal di sejumlah kebun binatang di seluruh Asia Tenggara.

“Mae Mali tidak bisa bereproduksi lagi karena sudah cukup tua. Tapi kita akan tetap merawatnya dengan baik agar dia bisa menjadi salah satu kuda nil tertua di dunia,” lanjutnya.

Di alam liar, kuda nil hidup di sungai dan danau di sub-Sahara Afrika, hilangnya habitat membuat mereka dianggap rentan.

Kuda nil tertua yang pernah tercatat adalah Bertha berusia 65 tahun di Kebun Binatang Filipina, pada 2017 kuda nil itu meninggal dunia.[inews.id | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *