Polda Aceh Kukuhkan Pengurus Kelompok Sadar Kamtibmas

halaman7.com Banda Aceh: Polda Aceh melalui Ditbinmas, Jumat 11 Desember 2020 mengukuhan Pengurus Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas Provinsi Aceh, di Aula Machdum Sakti, Lantai 3 Mapolda Aceh.

Pengukuhan tersebut langsung dilakukan Wakapolda Aceh Brigjen Pol Raden Purwadi. Disaksikan Dir Binmas Kombes Pol Muhammad Muslim Siregar, Ketua Umum Pusat Pokdar Kamtibmas Heru Riyadi, Dewan Kehormatan Pokdar Kamtibmas Aceh Prof Dr Nazaruddin AW dan Ketua Senkom Daerah Aceh.

Wakapolda dalam sambutan tertulis Kapolda Aceh mengatakan, pembentukan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara dilatar belakangi bahwa tugas-tugas Kepolisian tidak akan berhasil tanpa bantuan.

Partisipasi masyarakat terutama dalam rangka mengantisipasi kejahatan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang semakin hari semakin meningkat serta untuk meningkatkan kesadaran hukum dan peraturan di masyarakat.

Pembentukan Pokdar ini didasari dengan Surat Keputusan Kapolri No Pol: Skep/831/XI/2005 tanggal 25 November 2005 tentang pedoman pembentukan Pokdar Kamtibmas.

Dikatakan Wakapolda, tugas pokok Pokdar Kamtibmas sesuai kewajiban dan tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Antara lain mengamankan dirinya sendiri dan lingkungannya secara swakarsa. Serta mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk turut serta dalam penyelenggaraan keamanan dengan berpedoman kepada sistem keamanan swakarsa (Siskamswakarsa).

“Pelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Ajak masyarakat sekitar untuk mentaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” kata Wakapolda.[ril | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *