Covid-19 Serang Nakes, Dua Puskesmas di Aceh Tengah Ditutup

halaman7.com – Takengon: Dua Puskesmas di Aceh Tengah, yakni Puskesmas Bintang dan Celala terpaksa ditutup. Pasalnya, di puskesmas tersebut ada tenaga kesehatan (Nakes) nya yang terpapar Covid-19.

Seorang tokoh masyarakat Celala, Tgk Nurdin mengaku, sudah dua hari puskemas di daerahnya ditutup. Dari informasi yang berkembang, hal ini dikarenakan ada Nakes (perawat) yang terkena Covid-19.

“Makanya di tutup untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Sedangkan pelayanan dialihkan ke Puskesmas Silih Nara,” ujar Tgk Nurdin, Minggu 23 Mei 2021.

Puskesmas Bintang

Sementara itu, Puskesmas Bintang, Kabupaten Aceh Tengah juga melakukan hal yang sama. Hal ini juga dikarenakan, ada dua Nakes dilaporkan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab, Kamis 19 Mei 2021.

Penutupan layanan dimulai pada 21 Mei hingga Rabu 26 Mei 2021 mendatang, untuk proses mitigasi Covid-19.

“Pelayanan dialihkan ke tiga pustu yang ada di tiga titik di Kecamatan Bintang, diantaranya Pustu Nosar, Genuren dan Atu Payung. Ini alternatif untuk masyarakat yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Camat Bintang Syukurdi, sebagaima dilansir kepada KBA.ONE.

Untuk kedua nakes yang positif itu. Menurut Camat, sudah dilakukan isolasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sedangkan untuk seluruh ruangan di Puskesmas akan dilakukan sterilisasi (penyemprotan disinfektan) oleh Dinas Kesehatan.

Camat Bintang meminta seluruh masyarakat yang ada di kecamatan itu tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes). Yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan air mengalir.[andinova | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *