Aceh  

Banda Aceh Hasilkan 1.082 Ton Sampah Plastik/Bulan

halaman7.com – Banda Aceh: Kota Banda Aceh setiap bulannya menghasilkan 1.085,52 ton sampah plastik perbulan. Ini berdasarkan data DLHK3 Banda Aceh pada bulan April lalu.

Sampah plastik ini dapat menyebabkan permasalahan lingkungan. Karena sifatnya yang sulit terurai secara alami. Maka perlu dilakukan suatu upaya pengendalian terhadap timbulan sampah plastik. Untuk mewujudkan Kota Banda Aceh bebas sampah 2025.

Sebab itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh Hamdani Basyah, berharap peran serta masyarakat gunakan tas belanja ramah lingkungan. Guna menuju Banda Aceh bebas sampah pada tahun 2025.

“Kita harap partisipasi masyarakat untuk berperan serta dalam perlindungan lingkungan hidup bersama sama mewujudkan lingkungan sehat bebas dari kantong plastik,” Hamdani Basyah, Selasa 15 Juni 2021.

Ini merujuk Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 111/2020. Tentang kewajiban pembatasan penggunaan kantong plastik di supermarket, swalayan dan mall. Untuk menuju Banda Aceh Bebas Sampah 2025.

Sebelumnya, Walikota Banda Aceh Aminullah Usman juga telah mengeluarkan surat edaran (SE) Walikota Banda Aceh Nomor: 660/0548. Dimana salah satu poin penting dari SE tersebut menetapkan setiap hari Senin sebagai hari tanpa kantong plastik.

“Jadi kita imbau kepada konsumen untuk membawa tas ramah lingkungan yang dapat dipakai berulang kali,” tegasnya.

Selain itu, terhitung sejak 5 Juni lalu, setiap penggunaan kantong plastik di supermarket, swalayan dan mall akan dikutip biaya Rp.500 per lembar.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.