Ini Cara Hindari Pencurian Data Diri pada Akun Pribadi

halaman7.com Banda Aceh: Di zaman berbagai cara manusia untuk mencari keuntungan. Salah satunya kejahatan dalam mencuri data diri orang lain dari akun yang kita miliki.

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dalam laman twitternya @kemkominfo  berbagi cara bagaimana mencegah identity theft (pencurian data diri). Caranya, lakukan langkah-langkah ini. Agar kamu bisa terhindar dari pencurian data pribadi pada akun kalian.

Gimana caranya?

  1. Jangan gunakan password yang sama pada akun kalian. Hindari penggunaan nama, tanggal lahir dan hal lainnya yang bersifat umum.
  2. Gunakan kombinasi angka, huruf, dan juga simbol untuk memperkuat password kalian. Bahkan, besar kecil huruf juga dapat meningkatkan keamanannya, lho.
  3. Hindari berbagi password dengan orang lain. Kita tidak tau bagaimana orang menyimpannya. Kecuali menggunakan password manager, ya.
  4. Jangan sekali-kali meng-klik link yang tidak kamu kenal dan tidak jelas. Bisa jadi itu merupakan pancingan untuk mendapatkan akun kalian.
  5. Jangan pernah mengunggah data pribadi kalian di media sosial, seperti selfie bersama KTP ataupun sertifikat vaksin. Kalo sama doi boleh, ya
  6. Ingat! Selalu gunakan keamanan dua langkah atau 2FA. Jadi, kalian bisa mendeteksi apabila ada orang yang mencoba masuk ke akun kalian.

Semoga bermanfaat. Ingat, kehajatan bukan saja karena niat dari pelakunya. Tapi juga karena ada kesempatan yang kita berikan.[andinova | red 01]

Facebook Comments
(Visited 20 times, 1 visits today)
82 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *