Resep Pengat Depik dari Dataran Tinggi Gayo

halaman7.com – Banda Aceh: Sahabat h7. Setelah minggu lalu kita mencoba masakah khas Aceh, Asam Keueng. Hari minggu ini, kita coba kembali menelusuri masakan khas Aceh lainnya. Yakni Pengat Depik. Masakan dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Depik merupakan ikan khas endemik yang hanya hidup di Danau Laut Tawar, Aceh Tengah. Ukurannya kecil, hanya sekitar 5-8 cm saja. Ikan yang memiliki nama latin Rosbora Tawarensis ini rendah kolestrol. Maka, bisa dikatakan aman bagi yang fobia akan kolestrol.

Pengat ini dimasak kering. Banyak orang sengaja mengambil kuahnya saat sudah masak. Lalu, ikan dan sayurannya dimasak hingga kering basah atau kering sama sekali.

Lalu, apa resep dan bagaimana memasaknya. Sabar.. berikut h7 menyajikan untuk para pembaca yang berbahagia.

Bahan utama:

  • Ikan depik 250 gram
  • Cabai merah 5 buah
  • Kunyit 1 buah
  • Bawang merah 4 buah
  • Bawah putih setengah suing
  • Ketumbar secukupnya
  • Kemiri secukupnya
  • Asam sunti secukupnya
  • garam

Semua bumbu di atas, kecuali garam dihaluskan untuk nanti dibalur atau diaduk dengan ikan depik sebelum dimasak.

Disamping bumbu yang dihaluskan, ada juga campuran lain yang harus disiapkan. Seperti Jeruk nipis 1 buah, Empan (Bahasa Gayo) atau biasa dikenal dengan nama Andaman secukupnya. Biasanya juga bisa dicampur dengan sayuran buah labu jepang, tuwis (Bahasa Gayo) atau rebung alias pucuk bambu muda dan juga Terpok (Bahasa Gayo).

Cara memasak:

Baluri ikan depik dengan air jeruk dan garam serta bumbu yang sudah dihaluskan. Biarkan selama 10-15 menit agar bumbu dan rasa asam  atau asin meresap dalam ikan.

Lalu masukan ke dalam wajan. Disarankan kalau ada gunakan kuali tanah untuk memasak. Masukan air 500ml. Masukan bumbu, dan masukan ikan depik dan empan. masak hingga air mengering.

Setelah itu, siap untuk disajikan. Bagaimana, mudah bukan. Jadi bagi anda para warga Gayo yang diperantauan jika kepengin masakan ini silahkan coba. Ganti ikan depik dengan ikan mujahir atau banden, bawal. Karena masakan ini sangat lezat jika dimasak dengan ikan air tawar.[andinova | red 01]

Note: redaksi menerima kiriman resep masakan dan cara masaknya dari pembaca semua. Jika ada tempat usaha anda dalam kuliner tersebut, silahkan sebut sebagai bentuk promosi. Tulisan akan dipublikasi setiap hari Minggu.

Kirim resep serta foto masakan anda ke: redaksi.halaman7@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *