Menyambut Idul Adha, Warga Bersihkan Kuburan

halaman7.comAceh Timur: Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah yang jatuh pada 20 Juli 2021. Warga Desa Matang Kupula Tiga bersama Babinsa Koramil Madat, Kodim Aceh Timur bergotong royong membersihkan kuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat, Kamis 15 Juli 2021.

Pembersihan TPU ini sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh khususnya warga Desa Matang Kupula Tiga dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha. Apalagi, setiap lebaran,  TPU ini akan ramai dikunjungi oleh peziarah.

Babinsa Matang Kupula Tiga, Koptu Faisal sangat mengapresiasi gotong royong ini. Masyarakat sangat antusias dalam membersihkan TPU. Nantinya warga yang datang berziarah akan lebih nyaman.

“Gotong royong kali ini, kita fokus membersihkan dedaunan kering. Ranting pohon yang tumbuh sekitar pemakaman serta patok makam yang telah tertutup tanah akibat cucuran air hujan. Ini untuk mempermudah peziarah menemukan makam yang akan dituju,” ujar Babinsa.

Lanjutnya, Koptu Faisal berharap agar tradisi ini tetap dipertahankan. Guna membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat. Untuk menjaga kebersihan lingkungan baik sarana dan fasilitas lainnya agar tetap bersih dan nyaman.

Dalam kesempatan ini, Koptu Faisal juga mengingatkan warga dan para peziarah untuk tetap disiplin Protokol Kesehatan.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *