Apel Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2021 di Langsa

halaman7.com – Langsa: Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Langsa AKBP Agung Kanigoro Nusantoro memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Seulawah 2021 di Mapolres, Senin 20 September 2021.

Apel gelar pasukan Operasi Patuh Seulawah-2021 (OPS-2021) ini dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas di tengah pandemi Covid-19.

Kapolres Langsa mengatakan apel gelar pasukan dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. Guna mendukung pelaksanaan operasi yang akan digelar mulai 20 September sampai 3 Oktober 2021 mendatang.

“Karenanya diharapkan kegiatan operasi ini berjalan dengan optimal. Dapat berhasil sesuai dengan target serta sasaran yang telah ditetapkan,” kata Kapolres.

Selain Itu, operasi ini dilaksanakan juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan Kamseltibcarlantas di Aceh.

Melalui upaya penegakan hukum secara tegas dan humanis terhadap pelanggaran Lalulintas yang menjadi sasaran prioritas tersebut. Maka pelaksanaan operasi ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi. Yaitu meningkatnya disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Analisa dan Evaluasi

Berdasarkan Analisa dan Evaluasi Kamseltibcarlantas 2019 dan 2020 di Polda Aceh. Diperoleh data, pada 2019 terdapat 57 kasus dan 2020 meningkat menjadi 63 kejadian dengan persentase 10 persen. Korban meninggal dunia terjadi kenaikan, dari 6 Orang menjadi 21 Orang.

Pada 2019 terdapat 10.425 pelanggaran, yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 8.677 kasus dan 1.748 teguran. Angka Ini terjadi peningkatan pada 2020 yaitu 25.103 pelanggaran yang diselesaikan dengan tilang 11.273 kasus dan 13.830 teguran.

“Tingginya angka kecelakaan lalulintas, sangat berkolerasi terhadap Jumlah fatalitas korban, baik korban meninggal dunia, luka berat maupun luka ringan,” ujar Kapolres.

Guna mengatasi permasalahan Lalulintas tersebut, kata Kapolres, perlu dilakukan berbagai upaya untuk mewujudkan situasi Kamseltibcarlantas.

Siap Dukung

Dandim Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, diwakili Kasdim, Mayor Kav Dani Syahputra menegaskan Kodim Aceh Timur siap mendukung perkuatan OPS-2021.

“Hal tersebut tentunya dalam rangka mendukung dan memasyarakatkan tertib hukum. Tertib lalu lintas masyarakat Kota Langsa,” ujar Kasdim.

Diatakan, dengan tingginya tingkat kesadaran hukum tersebut. Tentunya akan memantapkan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *