Biaya Penyelenggaraan Pilgeucik Serentak di Aceh Singkil Berpolemik

halaman7.com – Aceh Singkil: Berbagai kalangan masyarakat dan para kandidat yang berhasrat maju sebagai peserta Pemilihan Geucik (Pilgeucik) serentak Nopember 2021 mendatang. Berharap Bupati Aceh Singkil tegas soal biaya Pilgecik.

Pasalnya alokasi dana yang disediakan melalui APB Kampung 2021 sangat kecil. Dibanding dengan kebutuhan yang dibutuhkan Panitia Pemilihan Kampung (P2K).

Informasi yang dihimpun halaman7.com pada rapat P2K dengan pihak masing-masing  kecamatan. Alokasi dana yang tersedia di APB Kampung 2021 setiap kampung yang mengikuti Pilgeucik serentak bervariasi, mulai dari Rp10 juta hingga Rp40 juta.

Junaidi Htb sebagai sekretaris P2K Kampung Tanah Bara, menyampaikan, alokasi dana yang tersedia Rp35 juta. Sedangkan kebutuhan biaya mencapai Rp60 juta.

Camat Rimo, Abdul Hanan saat memimpin rapat koordinasi dengan P2K termasuk para kandidat tentang Pilgecik serentak membahas masalah ini. Selain tentang administrasi dan tekhnik pelaksanaan.

Harun Mahulae satu dari kandidat Geucik Kampung Blok 6 Baru, sangat serius menyoroti terkait biaya dimaksud.

“Negara melalui Pemkab Aceh Singkil harus bertanggung jawab atas kebutuhan anggaran Pilgeucik,” katanya menyampaikan tentang aturan hukum terkait Pilkades.

Secara terpisah Camat Singkil, Sopyan Pohan yang dihubungi halaman7.com melalui Ponselnya, mengaku sedang melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait Pilgeucik yang diharapkan berjalan lancar dan sukses.

“Persoalan yang paling pelik adalah terkait biaya penyelenggaraan,” katanya.

Di Bulusema, pada Gedung Pertemuan Setcam Suro. Juga digelar Musawarah pimpinan kecamatan. Hadir, Camat Asmadi, Kapolsek AKP Bella, Danpos Koramil Simpang Kanan di Suro Pelda Haryadi.

Rapat bersama ini membahas masalah yang dihadapi termasuk persoalan biaya yang belum ada ketegasa.

“Kami berharap agar Bapak Bupati Dulmusrid tegas soal biaya penyelanggaraan,” usul Darmington Manik.

Ketegasan itu sangat diharapkan sebagai pedoman dan persiapan dana Pilgeucik serentak Nopember 2021 mendatang. Agar bisa lebih cepat berkoordinasi dengan P2K dan pihak lain.

“Ini harus bisa diputuskan dengan bijak oleh bupati. Sehingga Pilgeucik bisa lancar,” ujar Darmington, mantan Geuchik Suro  yang akan maju untuk periode kedua kalinya ini.[Tarmizi Ripan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *