Peringati HAI, Komisariat GMNI STAISES Sambangi TK Alesia

halaman7.com – Kutacane: Setiap 8 September diperingati sebagai Hari Aksara Internasional (HAI) atau disebut juga Hari Literasi Internasional.

Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan pentingnya literasi sebagai martabat dan hak asasi setiap manusia.

Dalam memperingati HAI tersebut, DPK GMNI STAISES Kutacane kunjungi TK Alesia yang berada di Desa Lawe Sumur, Kecamatan Lawe Sumur, Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu 8 September 2021.

Komisaris DPK GMNI STAISES Kutacane Sarinah Melisa, mengatakan, peringatan HAI terus akan dilakukan setiap tahunnya. Untuk menjaga kesadaran pentingnya melek huruf dalam masyarakat.

“Sehingga dapat terus memajukan agenda literasi menuju masyarakat yang lebih melek huruf dan berkelanjutan,” ujar Sarinah Melisa.

Dikatakan, tahun ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, (Kemendikbudristek) mengangkat tajuk Pemulihan Literasi Digital Indonesia dalam peringatan  ke 56 HAI 2021.

“Hal ini senada dengan tema HAI 2021 yaitu Literacy for a human-centered recovery: Narrowing the Digital Divide,” ujar Andri Wulandika selaku Ketua DPC GMNI Aceh Tenggara saat ditemui di TK Alesia.

Andri berharap program pendidikan keaksaraan dapat menjadi lebih adaptif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.

Dalam kegiatan tersebut sejumlah kader DPK GMNI STAISES Kutacane memberikan pendidikan pengenalan aksara alphabet. Aksara hijaiyah beserta konsonan dan vokalnya kepada anak didik di TK Alesia.

Selain itu mereka juga membuat kegiatan cerdas calistung (baca tulis dan menghitung) dengan pola play group. Bahkan mereka juga membagikan buku alat tulis untuk membantu pembelajaran aksara kepada para murid.

“HAI juga mendorong komitmen serta mengajak seluruh masyarakat dunia. Untuk peduli terhadap penuntasan buta aksara. Sejak penyelenggaraan HAI pertama pada 1966, peringatan ini akan terus kita lakukan setiap tahun. Sebagai wujud memajukan agenda keaksaraan di tingkat global, regional, dan nasional,” pungkas Melisa mengakhiri.[AKA | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *