Peringatan Hari Pahlawan di Langsa, Aceh Timur dan Aceh Barat

halaman7.com – Banda Aceh: Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember diperingati serentak di tanah air, termasuk di Aceh. Sejumlah daerah di laporkan menggelar upacara khusus pada peringatan hari pahlawan tersebut.

Aceh Timur

Komandan Kodim Aceh Timur, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 2021 di Lapangan Apel Komplek Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Idi, Rabu 10 November 2021.

Sebagai Irup, Dandim membacakan amanat dari Menteri Sosial, bahwa dengan semangat, tekad, dan keyakinan Pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua pihak untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan, dan kebodohan dalam arti luas.

“Kita sadar bahwa kita berbeda-beda. Tetapi jangan sampai terpecah-pecah oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan). Karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928,” ujarnya.

Turut ikut pada peringatan Hari Pahlawan tersebut, Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaeb. Kapolres Aceh Timur, AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat. Ketua DPRK Aceh Timur, Muhammad Daut alias Abi Pante Panah. Kejari Aceh Timur diwakili Kasi Datun, Fahrurrazi SH. Dan Pos TNI AL Idi Rayeuk Letda Laut Mahrifal Fahmi. Sekda Aceh Timur Ir Mahyuddin, Ketua Mahkamah Syariah, Hasanuddin SHI MAg.

Langsa

Wakil Walikota Langsa Dr Marzuki Hamid, bertindak sebagai Inpektur Upacara dan membacakan amanat dari Menteri Sosial Tri Rismaharini pada peringatan hari pahlawan yang dipusatkan di pendopo walikota  Langsa.

Usai pelaksanaan upacara, Kasdim Aceh  Timur, Mayor  Kav Dani Syahputra mengatakan seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan. Melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Pada hakikatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya. Peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam pelaksanaan pembangunan.

“Bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri tercinta ini,” pungkasnya.

Aceh Barat

Kodim Aceh Barat menggelar upacara sederhana di Lapangan Makodim. Pelaksanaan upacara dilakukan sangat sederhana mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19. Dimana setiap peserta upacara diwajibkan mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan menggunakan masker dan menjaga jarak dalam barisan.

Bertidak selaku lnspektur Upacara Dandim Aceh Barat Letkol lnf Dimar Bahtera, perwira upacara, Kapten lnf Muhammaddar dan komandan upacara, Lettu lnf Suna’im. Pembaca UUD 1945, Lettu lnf Khairul Zein, serta pembaca pesan-pesan para pahlawan, Sertu lmanuddin.

Dalam upacara tersebut, Dandim Aceh Barat juga membacakan amanat Menteri Sosial.[Antoedy | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *