Walikota Sabang: Pembangunan Daerah Smart Island

halaman7.com  – Sabang: Walikota Sabang, Nazaruddin SIKom menegaskan akan memprioritaskan pembangunan daerah dengan mewujudkan smart island.

“Sesuai dengan rencana pembangunan 2023-2026. Kami akan wujudkan smart island, yang mana semuanya harus dikelola dengan cerdas,” ujar Walikota Sabang, Nazaruddin saat membuka Rapat Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Kota (RKPK) Sabang 2023, Rabu 23 Februari 2022.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sabang itu, walikota menjabarkan, smart island itu dimulai dari pengelolaan ekonomi, tata pemerintahan, pengelolaan transportasi, pengelolaan lingkungan, pengelolaan pariwisata dan perilaku penduduk yang cerdas.

INFO Terkait: 

Tgk Agam, sapaan akrab Walikota Sabang menjelaskan, prioritas pembangunan akan di mulai dari peningkatan kualitas layanan kesehatan, pemulihan ekonomi, penurunan angka kemiskinan, pemasaran pariwisata dan pembinaan kompetensi kualitas pemuda, perempuan serta kelompok rentan.

Pemko Sabang juga akan fokus pada tata kelola pemerintahan, persiapan Pemilu dan Pilkada serentak pada 2024. Lalu, pengembangan sistem pendidikan terintegrasi, pengembangan inovasi pelayanan publik, pengelolaan lingkungan hidup dan kemandirian pangan serta optimalisasi PAD.

Tgk Agam berharap dalam proses penyusunan RKPK 2023, semua pimpinan dan aparatur perangkat daerah serta seluruh stakeholder dapat berpikir terbuka. Memiliki visi ke depan, terintegrasi dan inovatif. Dimana RKPK harus mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur.

“Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada 2023 akan lebih terarah terukur dan akuntabel serta menjawab isu-isu yang strategis,” harap Tgk Agam.[ril | M Munthe]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *