Dies Natalis ke IX Unsam Langsa

halaman7.com – Langsa: Universitas Samudera (Unsam) Langsa menggelar Dies Natalis ke IX 2022 Rapat Senat Terbuka, Jumat 13 Mei 2022 di Kampus tersebut.

Rektor Unsam, Dr Ir Hamdani MT menyampaikan terimakasih disertai apresiasi setinggi-tingginya kepada para pendiri, serta tokoh-tokoh penegerian yang telah meletakkan pondasi pendidikan tinggi bagi Unsam.

Lanjutnya, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 37 Tahun 2013 tentang Pendirian Universitas Samudra (Unsam) Langsa, telah diamanatkan bahwa pertimbangan pendirian Universitas Samudra adalah untuk peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia serta pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Provinsi Aceh.

Untuk menghadirkan pendidikan tinggi yang bermutu dalam kurun waktu Juli 2013-September 2021, dibawah kepemimpinan Rektor Dr Bachtiar Akob MPd, Unsam telah berhasil melengkapi seluruh organisasi tata kerja sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2013.

Berdasarkan keluarnya izin pendirian 14 program studi baru, bahkan dengan jumlah dan keadaan tenaga dosen yang sangat terbatas pada saat itu, yaitu sebanyak 70 orang dosen dan tenaga pendidik hanya 126 orang.

Selanjutnya pada 2018, Unsam telah memperoleh akreditasi institusi dengan predikat B. Sedangkan untuk akreditasi prodi, sebanyak 23 prodi juga telah memperoleh akreditasi B, sehingga menyisakan 3 prodi saja dengan akreditasi C.

Dalam kurun tersebut Unsam juga telah berhasil dengan bertambahnya jumlah dosen dengan tingkat pendidikan doktor dari 1 orang pada 2013 menjadi 26 orang pada 2021.

Pada 2021, Unsam telah semakin berjaya dengan diangkatnya sebanyak 57 orang dosen dan 51 orang tenaga kependidikan dari Non PNS menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja maupun berstatus PNS. Maka saat ini jumlah dosen Unsam seluruhnya 303 orang dan 225 orang tenaga kependidikan yang melayani 8.951 orang mahasiswa.

Baca Juga  Ustadz Taqy Malik Safari Dakwah di Aceh Tamiang

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, kiranya telah merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Permendikbud No 3 Tahun 2020 telah juga memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya.

Bentuk-bentuk pembelajaran diluar kampus tersebut disisi lain kiranya juga telah memberikan tantangan sekaligus kesempatan kepada para mahasiswa kita khususnya untuk pengembangan inovasi, kreativitas, kapasitas dan kepribadian serta mengembangkan kemandirian dalam mencari, menemukan dan mengkontruksikan pengetahuan pada dunia nyata.

Pada 2020, UNSAM telah berhasil melaksanakan kegiatan MBKM melalui program pertukaran mahasiswa, KKN Tematik dan kampus mengajar.

Berbagai tantangan yang dihadapi telah mampu mendorong Unsam untuk terus berbenah diri dalam segala bidang agar mampu terus bergerak melaksanakan Merdeka Belajar. Serta mampu menyediakan pendidikan tinggi yang terbaik untuk menghasilkan lulusan yang unggul.

Sasaran

Ada 3 sasaran utama yang diharapkan dapat dicapai yaitu meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi dengan indikator kinerja, Meningkatnya kualitas dosen pendidikan tinggi, dan meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penilaian IKU untuk kegiatan yang dilaksanakan pada 2020 dan 2021. Unsam perlu membenahi proses tracer studi, meningkatkan kerjasama yang akan menghasilkan aksi kepada generasi terdidik sebagai penerus kemajuan bangsa dan desain kurikulum yang mampu menghasilkan lulusan yang yang berkualitas.

Unsam memiliki 15 prodi berbasis saintek, untuk menunjang proses belajar mengajar, maka dengan sumber dana SBSN pada tahun ini akan dilakukan pembangunan Gedung Laboratorium Dasar yang dilengkapi dengan peralatan praktikum mahasiswa dan peralatan penelitian.

Unsam juga berkeinginan ikut serta dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas pendidik. Pada saat ini FKIP Unsam sedang mempersiapkan proposal untuk pengusulan pendirian Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) bekerjasama dengan konsorsium LPTK yada dalam Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Wilayah Barat.

Baca Juga  Aceh Timur Sediakan Lahan 7.200 Ha Untuk Konservasi Badak Sumatera Dunia

“Dengan kerjasama yang baik, kita harapkan seluruh usulan pendirian program studi baru tersebut dapat terealisasi pada tahun akademik 2022/2203,” ujar Rektor.

Dies Natalis ke-IX Unsam 2022 turut mendapat sambutan serta dukungan positif dari berbagai kalangan terdiri dari, Mendikbud, Menteri Agraria, Wali Nangroe, TNI/Polri dan dukungan secara langsung dari Pemko Langsa lewat Wakikota, Usman Abdullah SE (Toke Suum).[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.