IAIN Langsa Wisuda Ratusan Sarjana, 19 Orang Raih Lulusan Terbaik

Wisuda IAIN Langsa.[FOTO: h7 - dok humas]

halaman7.com Langsa: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melepas 509 lulusan pada wisuda tahap II 2022 di aula Laboratorium Terpadu kampus setempat, Kamis 27 Oktober 2022.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa, Dr HM Suhaily Sufyan MA menyatakan, wisuda kali ini terdiri dari Sarjana Strata Satu (S1) sebanyak 474 lulusan dan Program Pascasarjana Strata Dua sebanyak 35 lulusan

Sebanyak 182 wisudawan-wisudawati lulus dengan predikat pujian dan 19 di antaranya merupakan lulusan terbaik di program studinya masing-masing.

Adapun lulusan terbaik yaitu, lulusan terbaik IAIN Langsa yang mendapatkan penghargaan dari Rektor IAIN Langsa yakni:

  • Julia Ananda SE dengan IPK 3.90 berasal dari Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • Siti Nurhafizah SH dengan IPK 3.86 berasal dari Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah.
  • Zain Adawiah SSos dengan IPK 3.86 berasal dari Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah.
  • Agustina Fadhillah SPd dengan IPK 3.82 berasal dari Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
  • Anggi Wulan Dari SE dengan IPK 3.80 berasal dari Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
  • Septia Mulia Hadana SH dengan IPK 3.79 berasal dari Program Studi Hukum Eknomi Syariah Fakultas Syariah.
  • Zahwa Nazhifa Zulfa SPd dengan IPK 3.78 berasal dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
  • Alifia Nur Hadawiyah SH dengan IPK 3.77 berasal dari Program Studi Hukum Pidana Islam Fakultas Syariah.
  • Debi Cinta Marito Ritonga SPd dengan IPK 3.76 berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
  • Fajriatul Ula SAg. dengan IPK 3.76 berasal dari Program Studi Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah.
  • Jatian Draini SSos dengan IPK 3.75 berasal dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah.
  • Agus Muliadi SH dengan IPK 3.70 berasal dari Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah.
  • Dewi Astuti SPd dengan IPK 3.70 berasal dari Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
  • Putri Sapryana SE dengan IPK 3.70 berasal dari Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
  • Isnaini Nurjannah SAg dengan IPK 3.70 berasal dari Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah.
  • Karunia Ramadhan SPd. dengan IPK 3.68 berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keg
  • Tiara Safira Restu SPd dengan IPK 3.64 berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
  • Syahrul MH dengan IPK 3.86 berasal dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Program Pascasarjana.
  • Ahlul Badri MH dengan IPK 3.82 berasal dari Program Studi Hukum Keluarga Islam Program Pascasarjana.
Baca Juga  Ini 5 Presidium KAHMI Aceh Timur Periode 2022-2027

Para lulusan terbaik ini berhasil menyelesaikan studinya dalam kurun waktu 4 tahun. Mereka diharapkan dapat menggunakan ilmu dan keterampilannya sebagai bekal yang bermanfaat untuk membangun kehidupan dan merintis karir masa depan.

“Persiapkanlah diri untuk menghadapi era perkembangan teknologi dan informasi ini, tidak hanya memadai dengan IPK. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki, akan tetapi jauh lebih penting bekali diri dengan moralitas, integritas, dan keimanan yang kuat,” tandasnya.

Wisuda kali ini menghadirkan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Syiah Kuala, Prof Dr Ir Agussabti MSi IPU sebagai penyaji Orasi Ilmiah dengan judul ‘Bangkit Perguruan Tinggi Berkhidmat untuk Negeri’.

Reputasi Kesarjanaan

Sementara itu, Rektor IAIN Langsa, Dr H Basri MA menuturkan para lulusan dalam dunia yang menuntut sumber daya manusia dengan kualitas berstandar global harus mampu menjaga dan membangun reputasi kesarjanaannya.

“Untuk menghadapi era persaingan global, sebagai sarjana kiranya dapat menjaga dan membangun reputasi kesarjanaannya. Dengan terus belajar dan meningkatkan kualitas diri agar profesional di bidangnya,” ujarnya.

Rektor juga menyebutkan pengembangan yang akan dilakukan oleh IAIN Langsa untuk menjawab kebutuhan dan problem yang dihadapi masyarakat.

“Arah pengembangan yang akan dilakukan yakni sistem smart campus, pendidikan karakter, kualitas tenaga pengajar dan tenaga kependidikan, kemandirian perguruan tinggi dengan usaha-usaha, dan dorongan semangat inovasi serta kreatifitas bagi mahasiswa dan dosen,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Mewakili Pj Wali Kota Langsa, Ir Said Mahdum Majid, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemko Langsa, Ali Mustafa SE mengatakan akademisi berperan penting dalam menghadapi isu-isu pemberdayaan masyarakat.

“Sebagai masyarakat strategis, kampus punya tanggung jawab yang lebih berkelas yang keluar dari cangkang kebiasaan. Seperti keberpihakan pada masalah-masalah pemberdayaan masyarakat, terutama pasca krisis yang berimbas pada segala sektor kehidupan,” ungkapnya.[ril | Antoedy]

Baca Juga  Pendampingan Serbuan Vaksinasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.