Menpan-RB Resmikan MPP Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar disaksikan Menpan RB menandatangai berita acara peresmian MPP Aceh Besar di Jakarta.[FOTO: h7 – dok Prokopim Pemkab Aceh Besar]

halaman7.com – Aceh Besar: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), H Abdullah Azwar Anas meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Aceh Besar bersama 13 MPP lainnya dari sejumlah provinsi di Indonesia.

Acara berlangsung di Aula Kementerian PAN-RB di Jakarta, Kamis 13 Juli 2023. Kegiatan bersejarah tersebut, turut dihadiri Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM beserta pejabat terkait lainnya.

Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas menyatakan, saat ini di seluruh Indonesia, sudah hadir 134 MPP. MPP ini dibangun sebagai upaya akselerasi peningkatan pelayanan publik dan menjadi salah satu wujud implementasi birokrasi tematik dari masing-masing kabupaten dan kota.

Selain itu, Abdullah Azwar Anas menyakini, MPP ini bisa menjadi sarana peningkatan kepuasan publik. Sehingga penyelenggaraan MPP merupakan wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di bidang pelayanan public. Untuk menghadirkan pelayanan publik yang prima dan terintegrasi menuju pelayanan publik yang berkelas dunia.

Menpan-RB melanjutkan, upaya ini secara khusus diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dalam proses perizinan berusaha di daerah. Sehingga mampu meningkatkan daya saing global.

Adapun MPP yang diresmikan tersebut, MPP Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Musi Rawas, Kota Tangerang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tegal, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Wajo, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Konawe.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Aceh Besar, Agus Husni SP mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya atas peresmian MPP Aceh Besar.

Istimewanya lagi, MPP Aceh Besar merupakan satu-satunya MPP di Aceh yang diresmikan Menpan-RB, Abdullah Azwar Anas.

Baca Juga  Tim Wasrik Itdam IM Sambangi Kodim 0104 Atim

“Pemkab Aceh Besar bersama OPD terkait akan terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini, MPP Aceh Besar yang berada di pusat Pasar Lambaro Kecamatan Ingin Jaya, sudah melayani 131 jenis layanan publik dan didukung oleh 22 instansi terkait,” terangnya.

Menurut Iswanto, peresmian MPP Aceh Besar ini merupakan upaya peningkatan akselerasi untuk menghadirkan pelayanan publik yang terintegrasi dalam satu tempat. Selain itu, juga sebagai upaya dapat meningkatkan jumlah investasi sebagai penerapan reformasi birokrasi dan kemajuan ekonomi.

Tentunya upaya-upaya ini adalah untuk semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses kebutuhan terhadap administrasi kependudukan, perizinan, dan non-perizinan dari pemerintah.

Dijelaskannya, pada 22 Desember 2022 lalu, MPP Aceh Besar sudah dilakukan soft opening dan mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Hal ini terbukti, karena setiap harinya ratusan masyarakat mendatangi MPP Aceh Besar, untuk mengurus berbagai kebutuhan. Baik menyangkit administrasi kependudukan, perizinan, pengurusan paspor, dan pelayanan lainnya.[ril | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *