Reza Fahlevi: Ayo Ke TPS, Gunakan Hak Pilih

Pj Walikota Sabang ikut memusnahkan logistik pemilu yang lebih dan rusak.[FOTO: h7 - dok humas pemko]

halaman7.com – Sabang: Pj Walikota Sabang, Reza Fahlevi bersama Forkopimda Kota Sabang menghadiri pelepasan logistik Pemilu tahun 2024 dan pemusnahan surat suara yang lebih dan rusak, di halaman Kantor KIP Kota Sabang, Selasa 13 Februari 2024.

Ketua KIP Sabang Akmal Said menjelaskan, pendistribusian logistik Pemilu serentak 2024 sekaligus pemusnahan surat suara yang lebih dan rusak, merupakan rangkaian dari tahapan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum RI.

Disampaikan, KIP resmi mendistribusikan 440 unit bilik suara, segel 10.736 unit, kotak suara 561 unit, tinta 230 botol, 550 dus surat suara dengan surat suara sebanyak 146.935.

Selanjutnya logistik tersebut akan didistribusikan kepada 3 dapil, 110 TPS dengan jumlah pemilih 28.567 dan daftar pemilih tambahan sejumlah 532 orang. Karena berada di wilayah yang relatif bisa di jangkau dalam waktu 1 hari, maka pendistribusian dilaksanakan ini di H-1 dan ini memang sesuai ketentuan KPU RI.

Selain pelepasan logistik Pemilu 2024, pada kesempatan tersebut juga dilakukan pemusnahan surat suara yang rusak dan lebih terkirim di luar jumlah kebutuhan sebanyak 962 lembar. Terdiri dari seluruh komponen surat suara diantaranya, surat suara pemilihan presiden wakil presiden, surat suara DPR RI, surat suara DPD RI, surat suara DPRK Dapil I, surat suara DPRK Dapil II, surat suara Dapil III serta surat suara DPRA.

“Tentu ini adalah bagian dari tahapan yang kita laksanakan menuju pelaksanaan Pemilu serentak 2024, yang pemungutan suaranya jatuh pada 14 Februari 2024. Alhamdulillah kegiatan hari ini telah terlaksana dengan baik,” ujar Akmal.

Pada kesempatan yang sama, Pj Walikota, Sabang Reza Fahlevi mengatakan, salah satu tugas pemerintah daerah dalam Pemilu adalah membantu KIP mendistribusikan logistik. Untuk itu, Pemerintah Kota Sabang bersama Forkopimda memastikan proses tersebut dapat berjalan lancar.

Baca Juga  Ganjar Pranowo Makan Korban di PPP Aceh

“Alhamdulillah kita sudah lepas, Insyaallah semua logistik pemilu akan disalurkan ke seluruh TPS pada hari ini dengan baik,” kata Pj Walikota Sabang.

Reza Fahlevi turut mengapresiasi KIP dan Bawaslu Kota Sabang beserta seluruh aparat keamanan dan pihak lainnya, yang telah bekerja keras dan profesional dalam mempersiapkan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Reza juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

“Pada kesempatan ini kami mengajak masyarakat, ayo ke TPS besok 14 Februari 2024 untuk menggunakan hak pilihnya. Kita harapkan semuanya dapat menggunakan hak pilihnya, karena salah satu indikator keberhasilan pemilu itu adalah partisipasi pemilih yang tinggi, dan tentu kita harapkan semuanya berjalan dengan baik, aman, damai dan lancar,” ajak Pj Walikota Sabang.

Sementara, dari sisi pengamanan pemilu, Kapolres Sabang, AKBP Erwan menerangkan, pihak kepolisian akan menugaskan seluruhnya berjumlah 277 personel, yang juga akan dibantu 70 personel TNI untuk mengamankan pesta demokrasi.

“Mulai besok kita sudah siapkan personel juga untuk mengamankan TPS-TPS secara langsung yang melibatkan 90 orang personel. Insyaallah dengan kekuatan ini, harapan kami kegiatan pemilu di kota Sabang dapat berjalan dengan aman, lancar dan tertib,” tutupnya.[M Munthe]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.