Praktik Pemulasaran Jenazah di SMAN 8 Banda Aceh

Praktik shalat jenazah di sman 8 banda aceh.[FOTO: h7 - dok smandel]

halaman7.com – Banda Aceh: Para pelajar SMAN 8 (Smandel) Banda Aceh melakukan praktik pemulasaran jenazah, mulai dari memandikannya hingga men-shalat-kan. Kegiatan ini bagian dari kegiatan Dinul Islam yang diselenggarakan sekolah tersebut.

Pada kegiatan itu, Nurlidar SPd i MPd, selaku guru PAI menjelaskan mengenai tata cara memandikan jenazah. Dengan harapan, mereka para pelajar saat berada di lingkungan masyarakat mampu mempraktikkannya.

“Praktik Pemandian Jenazah di kegiatan Dinul islam Sebagai salah satu pengetahuan yang harus dikuasai pelajar SMAN 8 Banda Aceh,” ujar Nurlida, Jumat 22 Maret 2024.

Dalam praktek ini siswa dilatih mulai dari cara membawa mayat ketempat pemandian, cara melafazkan niat mandi mayat, cara membalikkan tubuh mayat, cara menyiramkan air ke tubuh mayat, cara mengeluarkan kotoran mayat, dan cara mengkafani mayat yang sudah dimandikan.

Praktik memandikan jenazah.[FOTO: h7 – dok Smandel]
Dikatakan, pembelajaran mengurus jenazah bukanlah perkara  gampang. Bahkan jika dilakukan orang yang bukan ahlinya akan kerepotan. Karena banyak hal yang harus dipahami dan diperhatikan.

Karena itu praktik memandikan dan mengkafani jenazah di sekolah dengan menggunakan manikin. Agar benar dalam pelaksanaanya. Sehingga diharapkan dengan langsung di praktikan dapat mempermudah proses belajar mengajar.

Kepala Sekolah SMAN 8 Banda Aceh, Nurrizayani SPd mengatakan, pemulasaran jenazah ini bagi dari pembelajaran dalam praktik Dinul Islam. Tentunya dengan penerapan metode yang menarik, akan membantu proses belajar mengajar menjadi sangat menyenangkan. Salah satunya dengan langsung praktik.

“Intinya, kami dari SMAN 8 Banda Aceh, ingin membina generasi terbaik dimasanya nanti,” pungkas Kepsek Smandel Banda Aceh ini.[andinova | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *