Satreskrim Polres Gayo Lues Cek SPBU Nakal

Polres Gayo Lues lakukan pemeriksaan SPBU di daerah tersebut.[FOTO: h7 - dok humas polres]

halaman7.com – Gayo Lues: Polres Gayo Lues mengecek keberadaan SPBU nakal yang ada di wilayah tersebut. Hal ini, juga menyahuti instruksi Kapolda Aceh pada jajarannya, untuk menindak SPBU yang nakal, jika ditemukan.

Untuk itu, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Gayo Lues melakukan pengecekan terhadap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di wilayah Gayo Lues. Kegiatan ini dilakukan untuk mengimbau kepada pengelola SPBU agar tidak melakukan penyimpangan dalam penjualan bahan bakar minyak (BBM).

Kapolres Gayo Lues, AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, Kamsi 28 Maret 2024 menyatakan pentingnya pengecekan rutin terhadap SPBU. Terutama, menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H/ 2024 M.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa penjualan BBM di SPBU berjalan dengan baik. Tidak ada penyimpangan yang merugikan masyarakat,” ujarnya.

Kasatreskrim Polres Gayo Lues, Iptu M Abidinsyah,  menambahkan, pengecekan dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari proses pengisian hingga penjualan BBM kepada konsumen.

“Kami memeriksa kelengkapan dokumen, kualitas BBM yang dijual, serta memastikan harga jual sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Iptu Abidinsyah.

Pengecekan ini juga melibatkan tim dari Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) setempat. Untuk memastikan kepatuhan SPBU terhadap regulasi yang berlaku.

“Kami bekerja sama dengan pihak terkait untuk memastikan, SPBU di Gayo Lues beroperasi dengan transparan dan mematuhi aturan yang ada,” tambah Iptu Abidinsyah.

Iptu Abidinsyah mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap praktik penjualan BBM ilegal yang bisa merugikan konsumen. Masyarakat diminta melaporkan jika menemui adanya indikasi penjualan BBM illegal. Agar bisa segera ditindaklanjuti oleh pihak berwajib.

Dari hasil pengecekan di SPBU yang berada di Desa Raklunung dan SPBU Pengkala Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, berdasarkan hasil wawancara dengan petugas SPBU, pompa nozzle telah ditera ulang beberapa bulan yang lalu dan rutin ditera secara periode.

Baca Juga  Apriani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti Juara Malaysia Open 2022

Dari hasil pengecekan pada mesin dispenser, semua mesin dispenser dalam keadaan masih tersegel dan berdasarkan hasil pengecekan jumlah BBM yang dikeluarkan sama dengan jumlah harga yang dikeluarkan.

Pihak SPBU juga akan menghubungi pihak meteorologi apabila ada kendala terkait dengan mesin pompa dispenser untuk dilakukan perbaikan.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan pengecekan rutin ini. SPBU di Gayo Lues dapat menjalankan fungsi dan tugasnya secara optimal. Dalam menyediakan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Terutama menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 M.[ril – Kasimsyah | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *