Satu Keluarga Terkubur Longsor di Aceh Tengah

Ambulans PKS dari Beriman siaga dilokasi bencana bersama warga yang memmadati lokasi evakuasi korban tanah longsor di Ramung Ara, Celala, Aceh Tengah.[FOTO: h7 - dok warga]

halaman7.com – Aceh Tengah: Satu keluarga terkubur longsor di Kampung Ramung Ara, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa 8 Oktober 2024, sekitar pukul 22.20 Wib.

Peristiwa tragis ini terjadi, berawal saat hujan mengguyur kawasan tersebut, sehingga menimbulkan banjir bandang dan tanah longsor. Akibatnya, satu rumah tertimpa tanah longsor yang menguburkan satu keluarga.

“Korban bari bisa dicari dan dievakuasi tadi pagi, setelah ada bantuan alat berat dari pemerintah. Semalam, warga tidak bisa berbuat banyak untuk mencari korban,” ujar Ijah (50 tahun), ibu rumah tangga, warga setempat, Rabu 9 Oktober 2024.

Pada proses pencarain pertama, petugas dari BPBD yang dibantu warga dengan menggunakan alat berat, berhasil menemukan kedua orang tua (ama/ine) yang tertimpa korban, sekira pukul 07.30. sekitar satu jam kemudian, kedua anak yang menjadi korban juga berhasil ditemukan.

Sementara BPBD Aceh Tengah mengatakan, selain tanah longsor di Ramung Ara, peristiwa yang sama juga terjadi di Kampung Arul Gading yang juga di Kecamatan Celala. Warga terpaksa mengungsi sementara waktu akibat material tanah yang longsor menyasar pada tempat tinggal.

“Mereka mengungsi sementara waktu ke Meunasah Kampung Arul Gading,” ujar Kepala BPBD Aceh Tengah, Andalika.

Dikatakan, BPBD Aceh Tengah menerjunkan TRC ke lokasi terdampak. Personel gabungan yang terlibat dalam operasi darurat terdiri dari BPBD, Basarnas, TNI, Polri, pemerintah kecamatan, desa dan warga setempat.

Tak hanya personel yang melakukan evakuasi warga, alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan akses Kampung Ramung Ara serta ekskavator untuk pencarian korban yang tertimbun longsoran.

Mendapat kabar bencana ini, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto yang sedang berada di Banda Aceh mengikuti kegiatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana, memutuskan untuk meninjau langsung lokasi terdampak tanah longsor dan banjir bandang di Kabupaten Aceh Tengah.

Baca Juga  Lapangan Voli TMMD 107 Sudah Dapat Dinikmati Warga

“Kepala BNPB hari ini langsung ke lokasi bencana,” ujar Abdul Muhari PhD, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.[andinova | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *