Polairud Polda Aceh Pantau Jalur Tikus TKI Ilegal

halaman7.comLangsa: Kepolisian Daerah (Polda) Aceh melalui Direktorat Polisi Air dan Udara (Dit Polairud) memantau jalur keluar masuk para pendatang dari jalur tukus di perairan Aceh, terutama di kawasan pantai timur Aceh.

“Ini sebagai langkah antisipasi masuknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal melalui jalur laut dan jalur tikus di wilayah perairan Kota Langsa, dan pesisir timur Aceh secara umum,” ujar Dir Polairud Polda Aceh Kombes Pol Jemmi Krisdianto kemarin di Langsa.

Kemarin juga, Dir Polairud bersana Walikota dan Kapolres Langsa melakukan patroli laut dan udara menggunakan helikopter dan kapal.

Kombes Pol Jemmy Krisdiantoro didampingi Kapolres Langsa, AKBP Giyarto mengatakan patroli ini dilakukan sebagai upaya membatasi mewabahnya Virus Corona (Covid 19) di wilayah Aceh, khususnya di tiga wilayah timur Aceh, Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Timur.

Patroli ini juga  salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di tiga wilayah tersebut yang merupakan daerah rawan dan posisi pantainya bisa didarati kapal-kapal ilegal bila ada TKI masuk dari jalur ini.

“TKI ini juga warga negara Indonesia, bukan tidak boleh, tapi manakala mereka kembali, ada protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah yaitu kita lakukan karantina mandiri,” sebutnya.

Untuk itulah hari ini bersama-sama dengan Waliota Langsa dan Forkopimda memantau dari udara dan laut guna melihat bagaimana situasi rawannya perairan Aceh dan beberapa muara, sungai-sungai kecil dan jalan tikus yang dimungkinkan untuk penyeberangan bagi TKI dari luar, khususnya yang berada di Malaysia.

Sementara WaliKota Langsa, Usman Abdullah menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Polda Aceh dan jajarannya yang telah berperan aktif menjaga wilayah laut Kota Langsa.

Helikopter Polairud Polda Aceh yang melakukan patroli udara. FOTO h7 - antoedy -
Helikopter Polairud Polda Aceh yang melakukan patroli udara. FOTO h7 – antoedy –

Perairan Tamiang
Sebelumnya, hal yang sama juga dilakukan di Aceh Tamiang. Dimana, Kombes Pol Jemmy mengatakan, wilayah laut dan pesisir Aceh Tamiang merupakan pintu gerbang masuk Aceh, karena itu pihaknya secara intensif terus melakukan pemantauan terhadap para TKI yang pulang melalui jalur laut.

Berita Terkait: Polairud Polda Aceh Sisir Pesisir Timur Aceh

“Wilayah laut pantai timur Aceh sangat luas, saat ini ada lima kapal yang melakukan patroli secara bergantian dan marathon,” ujarnya Kamis 9 April 2020 di Mapolres Aceh Tamiang.

Dalam beberapa hari ini, kapal patroli dari dari Polairud Polda Aceh terus melakukan patroli di laut diwilayah pesisir timur Aceh meliputi  wilayah Aceh Tamiang, Kota Langsa dan Aceh Timur dengan mengerahkan sejumlah kapal patroli dan satu helikopter untuk memantau kepulangan para TKI dari luar negeri melalui jalur laut.

“Termasuk pemantauan TKA yang akan masuk kewilayah Aceh,” sebut Kombes Jemmy.[antoedy]

Satu tanggapan untuk “Polairud Polda Aceh Pantau Jalur Tikus TKI Ilegal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *