Galus Terima Paket Sembako Masyarakat Imbas Covid-19 dari Pemerintah Aceh

halaman7.com – Gayo Lues: Pemerintah Kabupaten Aceh Gayo Lues, menerima 856 paket sembako dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh.

Paket sembako yang berupa bantuan pengaman jaringan sosial (JPS) tersebut ikut diantarkan oleh sejumlah Truck Reo Kodam Iskandar Muda, untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat setempat, yang mata pencahariannya terdampak akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, diwakili Kepala UPTD Rumoh Seujahtra Aneuk Nanggroe (RSAN), Abdul Jabar, menyerahkan paket sembako tersebut yang diterima Sekretaris Daerah Gayo Lues, Thalib MAP, dan Kepala Dinas Sosial setempat, Sukri, di halaman Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus (Covid-19) Gayo Lues, Jumat 15 Mei 2020. Hadir sejumlah pejabat Eselon IV Dinsos Aceh, unsur Forkomkab, dan para pilar-pilar kesejahteraan sosial.

Abdul Jabar dalam sambutannya mengatakan, Bantuan sejumlah 856 paket tersebut diperuntukkan kepada 856  kepala keluarga (KK), yang nama-nama para calon penerima telah ditetapkan berdasarkan SK Bupati Gayo Lues tentang Penetapan Data Penerima Bantuan Dampak Corona Virus Diasese, yang telah diterima pihaknya sejak beberapa hari lalu.

Untuk itu, dia berharap agar paket sembako ini nantinya, benar-benar tepat sasaran dan dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan selama masa pandemi Covid-19 di Aceh.

“Atas dasar nama-nama yang telah diusulkan inilah kami Pemerintah Aceh menyalurkan bantuan ini, semoga dapat berguna dan diterima oleh masyarakat yang layak menerima,” katanya.

Merujuk pada data Badan Pusat Statistik Aceh (BPS) 2019, Abdul Jabar menuturkan, dari total 94.100 jiwa penduduk Gayo Lues, terdapat sebanyak 18.625 jiwa yang masuk kategori miskin.

Kepada masyarakat miskin ini, sebanyak 8.070 KK atau keluarga penerima manfaat (KPM) untuk mendapatkan bantuan sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sementara itu, selama masa pandemi Covid-19, Pemerintah Aceh melalui skema bantuan APBA membantu 856  KK sesuai SK Bupati Gayo Lues.

“Jika dijumlahkan semua bantuan yang diberikan pmerintah, sudah ada sebanyak 8.926 KK masyarakat Gayo Lues yang dibantua. Jika diasumsikam setiap KK atau KPM menanggung 4 orang jiwa, maka sudah sebanyak 35.704 jiwa penduduk Aceh Gayo Lues telah mendapat bingtuan dari pemerintah untuk menekan angka kemiskinan,” katanya.

Kadinsos Gayo Lues, Syukri, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh.

Diharapkan dengan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakatnya yang terdampak akibat pandemic Covid-19 di Aceh.

Syukri mengaku pihaknya akan segera menyalurkan bantuan tersebut melalui para relawan dan pilar-pilar kesejahteraan sosial setempat.[SP | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *