Hasil Uji Swab, 17 Santri Magetan dan Keluarga di Tamiang Negatif

halaman7.com – Aceh Tamiang: Setelah diperiksa dengan uji lab PCR (Polymerase Chain Reaction), 17 santri asal Magetan, Jawa Timur beserta keluarganya di Aceh Tamiang yang diperiksa dinyatakan Negatif Covid-19.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr Hanif via selular kepada Bupati Aceh Tamiang, Mursil, Kamis 7 Mei 2020.

Setelah dilakukan pemeriksaan Tim Dinas Kesehatan Provinsi Aceh di RSUD Aceh Tamiang terhadap 30 orang yang terdiri dari 13 orang keluarga inti PDP yang terkonfirmasi Positif Covid-19 dan 17 santri lainnya dengan riwayat perjalanan dari Magetan, Jawa Timur pada Rabu 6 Mei 2020 lalu,hasilnya negatif.

Bupati Mursil kepada Tim Humas secara langsung menyampaikan hasil negatif yang diperoleh ke 30 pasien sangat membuat hatinya lega.

“Alhamdulilah kita pantas bersyukur  bahwa Covid-19 ini tidak menyebar,” sebutnya.

Namun, diingatkan Bupati, dengan hasil ini seluruh masyarakat Aceh Tamiang lantas jangan lalai dan lupa diri dengan tidak menjalankan lagi protokol kesehatan yang telah dibuat Pemerintah.

“Kita harus selalu waspada, berdoa dan patuhi anjuran protokol kesehatan untuk kesehatan bersama agar ruang gerak Covid-19 semakin kecil dan keadaan duniapun akan berangsur pulih dari pandemi ini,” sebut Mursil.

Dikatakan, masyarakat tidak perlu takut ataupun khawatir ketika petugas kesehatan datang memeriksa dan mengambil sampel Swab. Hal ini semata-mata dilakukan sebagai tindakan deteksi dan antisipasi awal, sehingga apabila ada yang terkonfirmasi Positif dapat segera mendapatkan penanganan kesehatan dan besar kemungkinan dapat sembuh.

Disisi lain, Juru Bicara Pemerintah Agusliayana Devita selaku Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang menyampaikan edukasi-edukasi terkait Covid-19 harus terus disosialisasikan kepada masyarakat.

Terkadang seseorang yang terpapar Covid-19 atas sebab riwayat perjalanannya dari daerah transmisi, merasa kondisi fisiknya sehat atau trend dengan istilah Orang Tanpa Gejala (OTG), dalam kasus ini, sebut Devi mereka memiliki Imun tubuh yang baik, namun tetap harus dilakukan pemeriksaan secara mendalam oleh Tim Medis dan wajib melakukan isolasi secara ketat.

Baca Juga  Jalan Alur Manis Kupak Kapik

“Bagi pasien yang dinyatakan Positif Covid-19, jangan bersedih atau berkecil hati, yakinkan diri bahwa penyakit ini bisa sembuh, terbukti beberapa dari mereka yang terkonfirmasi positif, dinyatakan sembuh oleh Tim Medis Banda Aceh dan diperbolehkan pulang dengan tetap menjalani serangkaian aturan protokol kesehatan,” ungkap Devi

Untuk itu, diimbau kepada masyarakat luas agar dapat menjalani pola hidup sehat dengan meningkatkan imunitas tubuh, selalu berfikir positif dan bahagia, menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan.

“Dengan berperilaku hidup bersih dan sehat yakinlah Covid-19 dapat sembuh dan tentunya diiringi dengan doa,” tambah Devi

Berdasarkan data terkini sebaran ODP, PDP dan Terkonfirmasi Positif Covid-19 hari ini, dapat disampaikan jumlah ODP berkurang menjadi 1 orang, terjadi penambahan orang selesai pemantauan sebanyak 93 orang, tidak ada PDP yang dirawat, sedangkan PDP yang sembuh sebanyak 3 orang.

Untuk PDP Terkonfirmasi Positif berjumlah 4 orang, dengan rincian 3 orang dinyatakan sembuh atau terkonfirmasi negatif Covid-19 dan saat ini sudah berada dirumah, sedangkan 1 orang lagi masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Banda Aceh.[Antoedy]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *