Tradisi Membangunkan Sahur Ala Remaja Komplek Deno Indah

BANYAK cara yang dilakukan warga dalam menyambut dan memuliakan bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah, tahun 2020 ini.

Salah satunya adalah tradisi membangunkan sahur, sebagaimana yang dilakukan anak-anak remaja di Komplek Perumahan Deno Indah Gampong Birem Puntong Kecamatan Langsa Baro Pemko Langsa.

Ya, semenjak Ramadhan pertama, 24  April 2020 hingga saat ini memasuki Ramadhan ke 9, Sabtu 2 Mei 2020, sejumlah remaja Komplek ini melakukan tradisi membangunkan sahur warga komplek untuk mempersiapkan santap sahur bagi keluarga mereka dengan berkeliling komplek membunyikan tetabuhan dari galon air mineral, piring sendok dan perlengkapan lainnya.

Maka tak heran, bila waktu sudah menunjukkan pukul 03.30 Wib, Warga di Komplek ini segera terbangun dengan aksi para remaja di Komplek ini yang juga anak anak mereka.

Remaja remaja ini juga adalah sebagiannya masih menuntut ilmu sebagai santri dayah baik yang ada didalam maupun diluar daerah dan sebagian lagi pelajar sekolah umum termasuk anak penulis.

Pandemi covid 19 yang tengah melanda tanah air dan berbagai penjuru dunia ini juga membuat anak anak remaja komplek ini harus libur panjang dari sekolah dan dayah mereka dan tetap dirumah guna memutus mata rantai wabah virus corona covid 19.

“Teriakan Sahur… Sahur… Sahur saling bersahutan yang mereka lontarkan menjadi alarm tersendiri bagi para penghuni komplek untuk bergegas terbangun  guna mempersiapkan makan sahur bagi keluarga untuk berpuasa esok harinya.

Tradisi membangunkan sahur ini dilakoni para remaja tersebut usai melaksanakan tadarus alquran saban malamnya usai shalat tarawih berjamaah di Mushalla Komplek ini sejak pukul 22.00 hingga 03.30 Wib.

Selama bulan suci Ramadhan 1441 H ini warga komplek juga melaksanakan buka puasa bersama, shalat magrib dan subuh berjamaah dan terkadang juga diisi dengan tausiyah ceramah agama khususnya usai shalat subuh.

Buka puasa bersama di komplek ini , warga terutama kaum ibu dan remaja putri dibuat daftar menyediakan makanan dan minuman berbuka puasa secara bergilir  sesuai kemampuan penghuni komplek.

Semoga amalan amalan baik yang dilakoni remaja remaja ini, Risya, Rafa , Rayan, Muhammad Fakhri cs dan warga lainnya  mendapat imbalan pahala berlipat dari Allah SWT Aamiin Yarabbal Alamin.[Antoedy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *