Wawali Langsa Serahkan BLT DD 143 KK Pondok Keumuning

halaman7.com – Langsa: Sebanyak 143 kepala keluarga (KK) Gampong (desa) Pondok Keumuning, Kecamatan Langsa Lama, menerima bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap pertama sebesar Rp600 ribu tahun ini.

Penyerahan BLT itu secara simbolis diserahkan oleh Wakil Walikota (Wawali) Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM didampingi Keuchik Pondok Keumuning, Saiful Azhar,  Ketua Tuha Peut, Asmiadi, Bhabinkamtibmas Polsek Langsa Timur dan Babinsa Koramil Langsa Timur.

Dalam kesempatan itu, Marzuki Hamid, menyampaikan apresiasi kepada keuchik, tuha peut, perangkat gampong, karena merupakan gampong yang pertama menyalurkan menyalurkan BLT DD tahap pertama dan mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi gampong-gampong lainnya.

Dijelaskan, nama-nama masyarakat yang ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK) yang diusulkan ke Kememterian itu merupakan data tahun 2011 dan telah diperbaharui tahun 2015.

Namun, bukan merupakan data yang dibuat oleh gampong, karena mutlak kewenangan Kemensos yang melakukan pendataan melalui relawannya, sehingga jika ada warga yang tidak masuk itu bukan salah keuchik, camat dan Kadis Sosial, karena mereka tidak dilibatkan.

Penyaluran BLT ini harus transparan, dimana nama-nama yang mendapatkan harus diumumkan atau ditempel di kantor keuchik. “Alhamdulillah, nama-nama penerima BLT di Gampong Pondok Kemuning, sudah diumumkan secara transparan,” ujarnya.

Diminta kepada masyarakat untuk tidak menganggap remeh masalah pandemi Covid-19. Namun, harus tetap terus ikut mencegah agar virus Covid 19 tidak terjadi di Kota Langsa dan khususnya Aceh.

Karenanya, tetap jaga kebersihan, gunakan masker saat berpergian, jaga jarak dan hindari berkumpul-kumpul, jika tidak ada kepentingan yang mendesak, intinya masyarakat harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Baca Juga  Tercepat, Baiturrahman Tuntas Salurkan BLT

Keuchik Pondok Kemuning,  Saiful Azhar, menyebutkan, penerima BLT DD untuk tahap pertama April 2020 sebanyak 143 KK dan masing-masing menerima sebesar Rp600 ribu, yang akan dibagikan selama tiga bulan yakni April, Mei dan Juni.

Dikatakan, untuk pengusulan nama-nama yang dapat BLT  ini sudah melalui beberapa tahapan, bahkan telah melalui musyawarah khusus pembahasan penerima BLT  yang dihadiri perangkat gampong, tuha peut, imam gampong, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, pendamping desa serta pendamping dari Dinas Sosial Kota Langsa.

Untuk penyaluran BLT ini bekerjasama dengan Bank Aceh Syariah Cabang Langsa. Selain menyalurkan BLT Pemerintah Gampong Pondok Kemuning, juga telah melakukan berbagai kegiatan pencegahan Covid 19 diantaranya penyemprotan disinfektan ke pemukiman warga dan fasilitas umum, pembagian masker, pembagian sarana cuci tangan ke musalah.

Diharapkan, BLT ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan diimbau kepada masyarakat untuk terus tetap mematuhi imbauan pemerintah dalam hal mencegah penyebaran pandemi Covid-19.[habib | red 01]

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.