Bripka Rahmad, Polisi Sang Penggali Kubur

NAMANYA Rahmad Hidayat. Pangkatnya Brigadir Kepela (Bripka). Sehari-hari ia bertugas di Bintara Unit (Banit) Dikyasa Sat Lantas Polres Bireuen. Sekilas orangnya sederhana dan menjalani tugas dengan senang hati, tanpa beban.

Dalam keseharian, Bripka Rahmad berkeliling Kota Bireuen untuk memberi edukasi dan pencerahan bagi masyarakat. Dengan mobil patrolinya, ia mengimbau warga melalui pengeras suara yang terhubung.

Bripka Rahmad Hidayat di Bireuen dikenal dengan sebutan “Polisi meupep pep”, karena tugasnya sehari-hari menyampaikan imbauan kepada masyarakat terkait peraturan lalu lintas dan imbauan tentang protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Namun, sapa sangka diluar tugasnya tersebut, ia kerab melakukan tugas diluar panggilan tugasnya. Salah satunyanya yang dikerjakannya yakni menggali kuburan bagi warga yang tertimpa kemalangan.

Aksi gali kubur yang dilakukannya itu sempat viral di media social facebook. Postingan ia menggali kurbur yang diunggahnya di halaman akun ‘Peulisi Meu Pep pep Bireuen’ mendapat simpati dari warga net.

“Ini ADALAH yg dinamakan TUJUAN HIDUP KITA DI BUMI ALLAH. SIAPAPUN dia, tidak mengenal pangkat jabatan, miskin kaya,tetap tujuan nya sama… Semoga ALLAH mengampuni segala doa kita semua… Aminnnn,” begitu ditulisnya dalam postingan video saat Rahmad menggali kuburan.

Dalam video berdurasi 1,41 menit itu, dalam Bahasa Aceh Rahmad sempat mengingatkan seluruh warga net dimanapun berada, untuk meningkatkan amal ibadah. Karena tak kenal kaya, miskin, berpangkat, alim, tak alim, namun akhirnya akan kembali di liang lahat juga.

Video itu, telah mendapat metions suka, love dan bentuk lainnya 921 dengan 170 komentar dan telah dishare (bagikan) sebanyak 1.400 kali.

Seorang warganet @Inur Cyg Bunda mengomentari video tersebut: Mantap Bpk, semoga meujaya…droe neuh ka neu bri cntoh utk sluruh kawoem yg na pangakt ngen jabatan… terutama le that yg ta kalen ureung meu pangkat yg na dalam gampong, bek an geu tegur sapa, meu geu keureuleng han masyakrakat gol rendah…bek le ta pgah yg laen. Smoga video droe neuh bermnfaat bagi sluruh syedara2 tyoe dlm nanggroe dn lua nanggroe. Sukses….merdeka…👮

Komentar simpati lainnya dating dari pemilik akun facebook @Erlina yang menulis: Alhdllah BPK polisi ini bgtu rendah hati semoga Allah memberi kan Rahmah a dan semoga ini bukan hanya sekedar cari sensasi dan plowes semata

Bripka Rahmad saat mengedukasi warga menggunakan masker. FOTO h7 – istimewa –

Apa yang dilakukan Bripka Rahmad ini akhirnya sampai juga ke Jeulingke, Markas Polda Aceh. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono, mengaku seorang Polisi di Polres Bireuen saat ini lagi viral di media sosial dengan tugasnya yang membantu masyarakat.

“Selain itu, Polisi Meupep pep ini kerap kali aktif dalam kegiatan masyarakat atau membantu masyarakat yang ditimpa musibah dan membutuhkan pertolongan,” jelas Kabid Humas.

Kabid Humas mengakui, kalau Bripka Rahmad Hidayat ini sangat rendah hati dalam membantu masyarakat. Misalnya membantu menggali makam kuburan untuk Almarhumah Ibu Aisyah Binti Usman yang berusia lebih kurang 80 tahun, di lokasi pemakaman Desa Geulanggang Gampong Dusun Cureh Timur, Selasa 23 Juni 2020 lalu sekira pukul 08.20 wib.

“Bripka Rahmad Hidayat juga membantu menyampaikan imbauan untuk membeli dagangan ibu-ibu jualan sayur di pasar Bireuen dan kegiatan sosial lainnya,” kata Kabid Humas.

Menurut Kabid Humas, Pimpinan Polda Aceh yang mendapat informasi dan melihat langsung Bripka Rahmad Hidayat viral di media sosial dan sangat disukai masyarakat Bireuen, sangat mengapresiasi tetang kinerja Polisi Meupep pep ini.[andinova | red 01]

Facebook Comments
(Visited 70 times, 1 visits today)
127 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *