Istana Karang Bakal Jadi Museum Aceh Tamiang

halaman7.com – Aceh Tamiang: Istana Karang bakal dijadikan museum di Aceh Tamiang. Istana Karang merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan melayu  yang ada di Aceh.

Field Manager Asset I Pertamina Rantau Totok Farafianto mengatakan menjadikan Iskata Karang ini menjadi museum merupakan bagian dari beberapa program CSR di Aceh Tamiang.

“Untuk konsepnya, pengembangan Istana Karang sudah kami buat, programnya sudah ada dan akan fokus ke Istana Karang dahulu,” ujar Totok saat membahas Rencana Pengembangan Kawasan Istana Karang di Ruang Rapat Bupati Aceh Tamiang, Senin 29 Juni 2020 lalu.

Konsep pemugaran Istana Karang yang disampaikan CSR Staf Arsy Rakhmanissaz, menjelaskan pihaknya  akan menyusun konsep dengan mengalihfungsikan Istana Karang menjadi museum.

“Kenapa museum, karena museum Istana Raja Karang nantinya tidak hanya sekedar destinasi wisata semata. Museum ini memungkinkan adanya pertemuan unsur edukasi dan hiburan dalam satu tempat, pengunjung akan disuguhkan dengan beragam informasi edukatif yang interaktif.

Tentunya Museum Istana Raja Karang akan menjadi edutainment museum berbobot yang akan diminati baik anak-anak maupun dewasa, dan diharapkan dapat menjadi Icon Aceh Tamiang,” jelas Arsy.

Nantinya museum ini akan diisi dengan sejarah Aceh Tamiang, dimensi kesejahteraan Istana Raja Karang, geografi, sosial, artefak dan arsitektur.

“Kami sudah bekerjasama dengan korator museum, dan untuk menciptakan Museum yang baik ada 3 aspek yaitu konten dari museum, konektifitas antara museum dengan audiensnya serta pengetahuan yang disajikan,” ujarnya.

Selanjutnya diseputaran Istana akan ada wisata kuliner, tempat bermain maupun panggung seni atau lapangan olahraga, mushala dan juga toilet.

“Ini adalah cita-cita kami yang ingin diwujudkan bersama Pemerintah Daerah dan juga seluruh dinas,” jelasnya.

Bupati Aceh Tamiang Mursil mengatakan konsep ini sangat bagus dan sangat dinantikan kehadirannya.

“Harapan saya, segera ada langkah-langkah karena masyarakat sudah tidak sabar melihat perubahan dari Istana Karang ini. Terima kasih kepada Pertamina karena sudah peduli dengan warisan budaya ini,” tutur Bupati.[Antoedy]

Facebook Comments
(Visited 9 times, 1 visits today)
43 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *