Ada 200 Spesies Tumbuhan di Gayo Berguna Bagi Manusia

halaman7.com  Jakarta: Tim peneliti IPB Universitas menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD), Sabtu 29 Agustus 2020 di Sekretariat Ikatan Musara Gayo Jabodetabek.

FGD tersebut bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pengetahuan etnobotani masyarakat Gayo (meliputi etnotaxonomi dan pemanfaatan tumbuhan).

Kemudian tentang sistem sosial dan struktur ideologis (meliputi agama, kepercayaan, struktur adat, legenda, dan aturan-aturan adat) yang berkaitan dengan biodiversitas. Terakhir ingin mengetahui berbagai aspek penting lain terkait vitalitas Bahasa Gayo.

Kegiatan FGD difasilitasi Dr Syafitri Hidayati SHut MSi dan Yusradi Usman al-Gayoni SS Mhum. FGD ini menghasilkan kesepakatan-kesepakatan yang berkaitan dengan identifikasi tak kurang dari 200 spesies tumbuhan berguna yang dimanfaatkan masyarakat Gayo. Pengetahuan tradisional dan Bahasa Gayo.

Sebanyak 12 orang menjadi peserta pada FGD ini yang didominasi tokoh masyarakat Gayo yang tinggal di area Jabodetabek.

INFO Terkait: 

Ketua Ikatan Musara Gayo Jabodetabek Ahyar Gayo SH MH dan segenap peserta FGD menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan penelitian ini.

Musara Gayo juga menyarankan agar melibatkan masyarakat Gayo di Kawasan Ekosistem Leuser secara langsung untuk meningkatkan akurasi data yang dikumpulkan.[ril | red 01]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *