Ngeri.. Korban Corona di Aceh Tembus 410 Kasus, 13 Meninggal Dunia

halaman7.com Banda Aceh: Keganasan virus Corona (Covid-19) di Aceh semakin mengerikan. Hingga hari ini, Sabtu 1 Juli 2020, sudah 410 orang terkena Covid-19 dan 13 diantaranya meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Saifullah Abdulgani (SAG), menyikapi situasi terakhir, Sabtu 1 Agutus 2020.

Dikatakan, korban virus corona, penyebab Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), kian banyak di Aceh. Kasus Covid-19 sudah mencapai 410 orang, dan 13 orang di antaranya meninggal dunia, per 1 Agustus 2020.

“Pada 14 Juli lalu, 110 orang Covid-19 di Aceh, kini 410 orang umumnya Orang Tanpa Gejala (OTG), dan 13 orang dilaporkan meninggal dunia,” kata SAG.

SAG mengatakan, korban meninggal terakhir laki-laki umur 53 tahun. Warga Aceh Besar ini dirawat di RSUD Meuraxa, Banda Aceh, karena sesak nafas. Hasil foto thorak menunjukkan pneumonia, dan hasil pemeriksaan swab nasofaring dan orofaring konfirmasi Positif Covid-19.

Almarhum meninggal dunia, Jumat 31 Juli 2020 malam, sekira pukul 21.00 WIB, setelah tiga hari dirawat. Keluarga Almarhum, lanjut SAG, dialporkan sangat tabah dan tawakkal, serta menunjukkan keteladanan dalam penanganan jenazah, sesuai protokol kesehatan.

Koordinator Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUZA, Banda Aceh, dr Novina Rahmawati MSI, Med Sp.THT-KL FICS melaporkan jenazah Almarhum difardhukifayahkan ustaz pemulasaraan jenazah RSUZA sesuai protokol Covid-19 dan tentu saja sesuai Syariah Islam.

RICU RSUDZA Penuh

Ruang perawatan pasien Covid-19 di Respiratory Intensive Care Unit (RICU) dan Poliklinik Penyakit Infeksi New Emergeng and Reemerging (Pinere) RSUZA Banda Aceh, dilaporkan sudah penuh.

Sebagian pasien infeksi virus corona terpaksa di alihkan perawatannya di Asrama Haji, Banda Aceh. Untuk itu, SAG berharap bupati/walikota dapat mempersiapkan RSUD sebagai tempat perawatan maupun isolasi OTG positif Covid-19, namun tidak perlu dirawat.

“Kasus Covid-19 sudah merata ditemukan di seluruh Aceh. Satu-satunya yang belum ada kasus di Kabupaten Nagan Raya,” kata SAG.

Sementara itu, lanjutnya, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh secara akumulatif sebanyak 2.344 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.324 orang sudah selesai isolasi mandiri, dan 20 orang dalam pemantauan Tim Gugus Tugas Covid-19.

Sedangkan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih sama dengan kemarin, yaitu 143 kasus. Dari jumlah tersebut, 9 PDP dalam perawatan, 131 PDP telah dinyatakan sembuh, dan 3 orang lainnya meninggal dunia.[ril | red 01]

Satu tanggapan untuk “Ngeri.. Korban Corona di Aceh Tembus 410 Kasus, 13 Meninggal Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *